BREAKINGNEWS.CO.ID - Penyelenggaraan Asian Games 2018 sudah di depan mata. Untuk memastikan penyelenggaraan ajang multi even ini berjalan baik, Menko PMK Puan Maharani mengunjungi kawasan Jakabaring, Palembang. Hal ini dilakukan, sebagai salah satu penyelenggara. Dalam kesempatan itu Menko Puan mengungkapkan bahwa kesiapan Jakabaring, Palembang untuk menjadi penyelenggara Asian Games 2018 sudah mencapai 99 persen.

Dalam kunjungan kerjanya ke Palembang, Menko Puan menggunakan LRT dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin untuk menuju kawasan Jakabaring Sport City. Di dalam LRT ia sempat menyapa masyarakat pengguna LRT. Disebutkannya bahwa masyarakat Palembang sangat antusias menggunakan moda transportasi yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tersebut.

"Dari airport hingga ke Jakabaring saya menyaksikan bagaimana kesiapan infrastruktur sudah berjalan dengan baik. Masyarakat juga antusias menggunakan LRT. Mereka menyatakan LRT sangat dingin, lancar dan nyaman," ujar Puan kepada wartawan, Sabtu (11/8/2018). 

Menurutnya, masyarakat juga harus disosialisasikan untuk antri saat ingin menaiki LRT, dan tidak berebutan. Masyarakat juga harus diedukasi dalam hal scan ticket, mengingat masih banyak yang bingung melakukannya. Menko Puan sendiri memaklumi hal itu  mengingat masyarakat baru pertama kali menaiki LRT. Termasuk halnya dengan kekurangan dalam operasional LRT. "Kita maklumi karena ini masih masa transisi, mengingat baru diresmikan," ujarnya.

Dari Stasiun LRT Jakabaring, Menko Puan kemudian meninjau venue Volly Pantai. Di lokasi ini, Menko Puan meninjau tribun penonton yang juga baru selesai pembangunannya. Menko Puan juga sempat berdialog dengan para atlet Indonesia yang tengah berlatih Volly Pantai. Dari situ, Menko Puan mengunjungi venue Dayung dan Kano. Bersama Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Menko Puan sempat menyusuri danau menggunakan perahu.

Kunjungan di Jakabaring ditutup Menko Puan dengan menyambangi Dining Hall. Di lokasi ini, Menko Puan sempat mencicipi makanan untuk para atlet. Menurut Menko Puan, makanan yang disajikan cukup higienis dan nikmat. "Setelah mengunjungi beberapa venue dan berjumpa dengan atlet serta offisial, persiapannya sudah berjalan sebagaimana mestinya," jelasnya.

Jakabaring sendiri menurut Menko Puan memiliki keunggulan yang diantaranya danau untuk penyelenggaraan dayung dan kano yang memili panjang 2.300 meter dan lebar 200 meter. Meski begitu semua venue umtuk penyelenggaraan Asian Games 2018 menurutnya sudah disiapkan sebaik-baiknya demi nama baik Indonesia sebagai tuan rumah. Terkait dengan pengerahan pelajar di Sumatera Selatan untuk menyemarakkan Asian Games 2018, Menko Puan menerangkan bahwa Pemerintah Daerah akan menanggung tiketnya.  Selain mengunjungi kawasan Jakabaring, Palembang, Menko Puan rencananya juga akan mengikuti Fun Walk di Kantor Gubernur Sumatera Selatan pada Minggu pagi.