BREAKINGNEWS.CO.ID – Selama ini penggemar film horror lebih sering mendapatkaan film jenis ini dengan satu cerita tunggal. Karena dari sana tensi dan ketegangan dibangun dengan satu tema dan bangunan cerita. Namun, pendekatan berbeda coba ditampilkan oleh ruumah produksi Renee Picture yang menampilkan film genre  horror bertajuk Dongeng  Mistis. Film ini ditampilkan dalam gaya omnibus, alias beberapa cerita  dengan sutradara terpisah yang dibuat dalam satu film.

Sebuah pendekatan  yang perlu mendapat apresiasi, karena bukan perkara mudah mempertahankan rasa takut untuk penonton karena film ini dibelah dalam enam sekat cerita yang cukup menarik.

Dan hanya dengan menonton langsung, maka kita bisa memberi penilaian sejauh mana keberhasilan sutradara memuaskan dahaga penggemar film horror tanah air. Untuk yang penasaran, boleh melongok di trailer berikut ini.  Ke-eenam elemen cerita horror ini diramu cukup menarik dalam durasi pendek-pendek.

Ini trailernya  : https://www.youtube.com/watch?v=gX6zAlkt838

Pada kenyataanya, memang Dongeng Mistis punya visual dan artikulasi horror sendiri untuk memaparkan apa yang dimaksudkan sebagai mistis dalam dongeng-dongeng seram menakutkan.

Beberapa sekat cerita berjudul Sundel Bolong, Pocong, Bajang, Genderuwo, Begu Ganjang dan Lehak, berhasil membentuk hasil imajinasi cerita dan karakter yang cukup unik.

Segmen berjudul Pocong adalah salah satu yang cukup menarik. Tak disangkal sosok ustadz ( diperankan Kiky Armando) muda juga harus berada dalam ketakutan yang tinggi saat di teror oleh Pocong. "Peran jadi ustad itu berat juga mas. kan mesti bisa melafalkan al quran dengan laik lah. Dan dalam Pocong, saya menjadi ustad yang juga punya rasa takut kepada setan, dedemit dan sebangsanya yang menyeramkan bentuknya," jelas Kiky.

Pada bagian lain,  sutradara Pocong sendiri, Achmad Romie, yang mendebut diri menjadi sutradara film mengatakan bahwa dirinya ingin membuat stigma berbeda tentang Pocong.

"Umumnya pocong selalu di kaitkan kehadirannya di karenakan tali di kafan tidak di lepas maka (menurut kebanyakan cerita) si pocong akan gentayangan. Bahkan ada cerita di masyarakat tentang pocong yang juga bisa di panggil kehadirannya melalui media mistik dan sejenisnya," paparnya.

"Pocong dalam Dongeng Mistis lebih kepada takaran iman seseorang, meski seorang ahli agama sekelas ustadz, kalau dia juga punya rasa takut dengan sebangsa setan dan jin, yah takut saja. Pun dia baca ayat (seperti dalam film ini) tetap saja si pocong gak gentar untuk menggoda iman si ustad,"

Bermula saat ustadz usai memberi pelajaran mengaji kepada Nino, bocah kecil yang sedang menyimpak ketakutannya.

Film Dongeng Mistis yang dibintangi sederet bintang lainnya seperti : Dea Ananda, Gandi Fernando, Putri Ayudia, Khiva Iskak, Maryam Supraba, Btari Cinta, memang sedang menawarkan kajian berbeda dari kebiasaan mainstream film horor.

Film yang sedang tayang di banyak bioskop nasional ini, bukan sekedar memberikan warnanya sebagai omnibus berselera horror, lebih dari itu Dongeng Mistis menyapa kita ; seberapa besar kekuatan iman kita hingga punya ketakutan yang tinggi kepada jin dan setan, padahal hanya kepada Sang Khaliq kita  waib takut dan tunduk.