JAKARTA - Mendekati Hari Raya Natal dan Tahun Baru, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menyediakan 50 bus gratis untuk kebutuhan pulang kampung. Bus itu bakal berangkat dari Ancol menuju Semarang, Yogyakarta hingga Solo.

"Ada 50 bus yang bisa dipakai masyarakat untuk mudik atau pulang kampung gratis. Pemberangkatan nanti dari Ancol ke Semarang, Yogyakarta dan Solo. Hanya untuk berangkat saja," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi usai menghadiri acara Markplus Conference di Hotel Ritz-Carlton, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2017).

Budi menerangkan bus itu juga akan berangkat pada 23 Desember 2017 yang akan datang. Batas waktu serta syarat pendaftaran penumpang bus gratis ini bakal segera diumumkan. Proses pendaftaran akan dibuat dengan sistem online melalui situs Kemenhub dan pendaftaran manual di sejumlah posko yang nanti disiapkan. "Ada pendaftaran manual, ada online. Untuk yang manual nanti Kementerian Perhubungan akan buka posko," ucapnya.

Bus gratis ini bertujuan untuk mengurangi masyarakat yang memakai kendaraan pribadi ketika pulang kampung. Ia juga mengatakan layanan ini bisa diakses oleh siapa pun. "Bebas siapa saja. Tapi kita prioritaskan yang membutuhkan dalam artian dia harus pulang kampung secara bersama-sama tidak membawa motor," jelas Budi.