BREAKINGNEWS.CO.ID -  Universitas Padjadjaran (Unpad) mempersulit langkah Universitas Budi Luhur (UBL) untuk melaju ke semifinal LIMA Football Nationals Season 7.  Hal itu terjadi setelah wakil asal Bandung tersebut menang 2-0 atas UBL (Universitas Borobudur ) di lanjutan babak penyishan grup  putih yang digelar di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) pada Rabu (11/9/2019).

Meski menang, hasil ini tak membuat Unpad lolos ke babak empat besar karena selisih gol yang mereka raih Cuma dua, padahal mereka harus menang dengan selisih 3 gol untuk bisa berada di posisi dua besar. Selain itu juga mereka harus menunggu  hasil laga lain antara UMJ dan Univ. Muhammadiyah Malang (UMM).

Pada babak pertama, kerja keras kedua tim belum ada yang membuahkan gol sekaligus menunjukkan ketatnya persaingan.

Peluang pertama di babak ini, didapat oleh Unpad pada menit ke-10. Sepak pojok Rynaldi Ramadhan berhasil dihalau salah satu pemain UBL, Achmad Yudho Pratomo.

Tak lama kemudian, UBL juga memiliki peluang. Namun, sepakan Yudho melesat ke sisi kiri gawang kiper Unpad, Arsal Fahruji Yusuf.

Tendangan bebas di menit ke-11 untuk Unpad juga belum bisa dimaksimalkan dengan baik. Bola tembakan Permana Rahadiana melebar ke kanan gawang Rifqi Fhalevi. Meski memiliki penguasaan bola lebih besar, Unpad belum mampu menghasilkan gol di babak ini.

Permana kembali melakukan tendangan bebas di babak kedua. Kali ini, bola sepakannya berhasil masuk ke gawang Rifqi, dan kedudukan menjadi 1-0 untuk Unpad. Pada menit ke-82, UBL mendapat kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Namun, umpan silang Zharul Mardiansyah kepada Irwanto Bajo belum bisa dimanfaatkan dengan baik. 

Berselang dua menit, Unpad menciptakan gol kedua lewat tendangan Regi Adam Gunawan di dalam kotak penalti, usai menerima umpan silang Iqbal Nandaresta menyusul serangan balik ceoat. Di babak ini, penguasaan bola kedua tim berimbang. Namun, hanya Unpad yang berhasil memanfaatkannya untuk mencetak gol.

 “Alhamdulillah setelah melakukan evaluasi pada pertandingan pertama dan kedua, kami bisa memenangi pertandingan ini. Mungkin adaptasi mereka dengan lapangan juga sedikit telat, sehingga baru bisa bermain dengan baik di laga terakhir ini. Meski kami tidak lolos, pengalaman di kompetisi ini akan tetap kami jadikan pelajaran, dan kami akan melakukan evaluasi terus agar lebih baik di kompetisi LIMA selanjutnya,” kata pelatih Unpad, Luqman Sobaryanto.

Pelatih UBL, Agus Stiawan, berkata, “Saya tetap mengapresiasi semangat mereka sampai saat ini. Kalau lolos ke semifinal, kami hanya akan membangkitkan mental dan semangat mereka. Akan tetapi, kalau tidak lolos, ini akan menjadi pelajaran untuk anak-anak.”

Dengan hasil ini, Unpad naik ke peringkat ketiga klasemen Pul Putih. Mereka masih belum bisa melangkah ke semifinal. UBL yang tetap berada di posisi kedua klasemen, unggul dalam gol memasukkan. Sementara itu, lolos atau tidaknya UBL ke empat besar juga akan ditentukan hasil pertandingan derbi Muhammadiyah antara UMJ dan UUMM), yang juga pernah terjadi di final Nationals musim lalu.