JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan menjaga keamanan selama Ramadan. Hal itu diungkapkan Jokowi karena umat muslim di Indonesia akan menjalani ibadah puasa Ramadan mulai besok.

"Saya sudah perintahkan kepada Kapolri, Panglima dan KaBIN untuk terus menjaga, mengendalikan keamanan, dan mengedepankan semangat persaudaraan dan kerukunan sosial kita karena besok kita segera menyongsong pelaksanaan ibadah puasa," ujar Jokowi saat memberikan pengantar rapat kabinet tentang single submission di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (16/5/2018).

Perintah itu diberikan Jokowi agar umat Muslim bisa menjalani puasa dengan aman. "Sehingga kita harapkan umat islam bisa menunaikan ibadah puasanya dengan rasa aman dan penuh kedamaian," kata Jokowi. Tidak hanya persiapan Ramadan, Jokowi ikut menyinggung dampak serangan teror yang terjadi belakangan ini. Jokowi meminta menteri serta kepala lembaga menyampaikan kalau Indonesia tetap aman.

"Terakhir kepada seluruh menteri dan kepala lembaga bahwa narasi ke dunia internasional sangat penting sekali, bahwa Indonesia aman dan kita semua fokus untuk bekerja," ujar Jokowi.