BANDUNG - Sebagai salah satu wadah seni di kota Bandung, Rumah Kreatif Wajiwa memang memfokuskan untuk mengembangkan bakat dari anak-anak sehingga terbentuklah karakter dan mental yang kuat.

Salah satu program yang dilakukan adalah seni pertunjukan teater tutur yang disampaikan dengan nyanyian, gerak (pencak silat), dialog, musik (internal dan eksternal), dikemas dalam sebuah alur cerita yang dilakukan dengan pola lantai melingkar, sehingga menghasilkan sebuah kerjasama yang solit dan menarik.

Alur cerita yang ditampilkan juga disesuaikan dengan usia mereka dan yang di alami dalam kehidupan mereka sehari-hari, yang dibawakan dengan berbagai suasana lucu, serius, riang, sedih, dan sebagainya. Rumah Kreatif Wajiwa bukan sekedar teater biasa, disini setiap anak tidak hanya sekedar akting, ekspresif ataupun menghafal gerakan dan skenario. Mereka diatas panggung sangat open full, rileks dan menampilkan banyak kejutan yang membuat penonton terkagum.

Rumah Kreatif Wajiwa menampilkan adegan Randai.


Nilai plus dari Karya seni Randai Kreatif bertajuk “MinSun” ini melibatkan anak-anak berdarah Sunda asli dengan seorang kreator, Alfiyanto yang berasal dari Minangkabau. Perpaduan kedua daerah ini membuat pertunjukan kaya akan budaya sehingga terlihat menarik.

Pengalaman yang didapat oleh anak-anak dalam proses kreatif karya ini disamping mengetahui budaya etnik daerah lain dan pengetahuan nilai-nilai tentang keberagaman juga mencerdaskan tubuh, rasa, fikiran, intelektual, serta mendorong lahirnya sikap menghargai, brfikir kreatif, berfikir kritis, prilaku yang tenang, imajinatif, disiplin, produktif.

Rumah Kreatif Wajiwa.


Pada usia anak-anak inilah pengalaman-pengalaman tersebut penting dilalui dan dimilikinya karena pada usia tersebut perkembangan sosial dan emosionalnya adalah masa penting, mereka sudah mulai membedakan aspek-aspek tersebut, kesadaran terhadap orang lain, empati, dan kepercayaan. Mereka juga mendapatkan nilai-nilai kemandirian, kreatif, dan multikultural (wawasan, pengetahuan, kesadaran, toleransi).