BREAKINGNEWS.CO.ID – Calon pembalap MotoGP, Joan Mir menunjukan rasa empati dan dukungannya atas masalah yang dialami oleh mantan rivalnya di Moto3, Romano Fenati. Pasca insiden berbahaya yang dilakukan Fenati terhadap Stefano Manzi pada balapan Moto2 San Marino yang digelar pada akhir pekan kemarin.

Romano Fenati sebelumnya kedapatan menarik tuas rem tangan milik rivalnya, Stefano Manzi, hingga nyaris celaka. Aksi tersebut merupakan buntut dari kekesalan Fenati usai manuver Manzi sebelumnya membuat dia melebar dari lintasan. Kedua pebalap sama-sama mendapat hukuman dari FIM MotoGP Stewards. Manzi mendapat penalti turun enam posisi start sementara Fenati dilarang tampil dalam dua balapan berikutnya.

Malang bagi Fenati, hukuman larangan tampil seakan masih belum cukup baginya. Hanya selang dua hari, pebalap Italia itu dipecat oleh timnya, Maranelli Snipers, juga calon timnya musim depan, yaitu Forward Racing. Tidak cukup sampai di situ, seperti dikutip BolaSport.com dari Motomatters, Federasi Motor Italia (FMI) juga mencabut lisensi balapan Fenati. Artinya, Fenati tidak dapat tampil lagi dalam balapan level nasional hingga internasional.

Lewat akun Instagram miliknya, Joan Mir memberikan dukungan kepada mantan murid Valentino Rossi itu.

Hai @fennyfive (akun Instagram Fenati), selama GP di Misano Anda membuat kesalahan yang tidak bisa dibenarkan, menempatkan nyawa pesaingan Anda dalam bahaya. Tindakan ini tidak layak untuk pebalap seperti Anda dan memang pantas mendapat hukuman keras.

Tahun lalu Anda adalah pesaing yang hebat dan Anda mendorong saya hingga batas sepanjang musim, kita memiliki banyak pertarungan, tetapi Anda selalu berperilaku seperti pebalap dan olahragawan hebat di lintasan.

Kita berbagi podium berkali-kali dan saya bisa menghargai tidak hanya dalam kemenangan, tetapi juga dalam kekalahan.
Saya pikir Anda adalah orang yang baik. Jangan menyerah dan berjuang untuk masa depan Anda sebagai pebalap, semua orang berhak mendapat kesempatan kedua atau bahkan ketiga.

Bekerjalah untuk memperbaiki dorongan-dorongan ini yang kadang-kadang mengkhianati Anda dan menuntun Anda untuk melakukan beberapa perbuatan buruk dan kembali ke lintasan untuk menunjukkan Anda pebalap yang hebat.