BREAKINGNEWS.CO.ID – Kontingen Indonesia hingga Jumat (12/10/2018) pukul 19:00 WIB berada di peringkat keenam dalam Asian Para Games 2018 dengan total raihan 112 medali yang terdiri dari 28 medali emas, 41 medali perak, dan 43 medali perunggu.

Torehan itu pun sudah melebihi target prestasi yang sebelumnya diminta oleh pemerintah yaitu 16 medali emas untuk bisa masuk ke tujuh besar. Dengan capaian itu pula, saat ini Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi giliran memikirkan untuk mengumpulkan bonus yang semula hanya dicadangkan sebesar 204 miliar rupiah.

“Semula kami anggarkan sekitar 204 miliar rupiah, tetapi dengan penambahan ini, kita mencadangkan hingga besok (Sabtu) sore kurang lebih 27 miliar rupiah lagi. Bilamana ada tambahan pun kami tentu revisi lagi secara internal untuk menambah itu,” kata Menpora Imam Nahrawi dalam jumpa pers pemberian bonus atlet, pelatih, serta ofisial Asian Para Games 2018 di GBK Arena, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (12/10). Dana yang didapatkan untuk memenuhi bonus tersebut pun dia katakan didapatkan dari dana kegiatan-kegiatan Kemenpora dan adapula bantuan dana dari Kementerian Keuangan.

“Begini, kita kan punya estimasi. Bahwa pencapain maksimal emas atau medali secara keseluruhan itu katakanlah 20 emas, 50 perak, dan 50 perunggu. Itu estimasi ya, ternyata di lapangan, semangat juang para altet kita luar biasa sehingga melampaui estimasi itu,” jelas Imam Nahrawi. “Sudah barang tentu kita dibantu oleh Kementerian Keuangan, Bu Sri Mulyani atas saran Pak Presiden untuk mencari tambahan anggaran, baik bersumber dari Kementerian Olahraga sendiri, melakukan penyisiran. Dana yang belum terserap maupun dana yang tidak berdampak luas bagi masyarakat seperti anggaran rapat-rapat, kunjungan-kunjungan. Itu dipotong semua untuk pemenuhan bonus itu sendiri,” sambung Imam Nahrawi.

Untuk pemberian bonus sendiri, Imam Nahrawi mengatakan bahwa akan diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada esok hari, Sabtu (13/10). “Meskipun besok (Sabtu) masih ada yang bertanding, kemudian katakanlah yang menerima medali lebih awal, maka mereka pun akan kami jadwalkan untuk diberikan langsung oleh bapak Presiden,” pungkas Imam Nahrawi. Seperti diketahui, jumlah bonus peraih medali di ajang Asian Para Games 2018 ini tidak berbeda dengan atlet Asian Games 2018 lalu. Bonus lainnya seperti PNS dan rumah pun berhak mereka dapatkan pula.