JAKARTA - Awal tahun ini, para peneliti McAfee memperkirakan dalam McAfee Mobile Threat Report memperkirakan jumlah serangan yang ditargetkan pada perangkat seluler meningkat karena pertumbuhan mereka di mana-mana dikombinasikan dengan taktik canggih yang digunakan oleh pembuat malware.

Seperti dilansir dari McAfee, Kamis (17/5/2018), Tim peneliti dari McAfee menemukan bahwa peretas yang diduga terkat dengan Korea Utara berhasil memuat tiga aplikasi Android di Google Play. Aplikasi tersebut didesain untuk mengambil informasi personal dari pembelot terhadap negara tersebut.

Para peretas menggunakan Facebook untuk menyebarkan ketiga aplikasi ke target yang terpilih. Setelah diunduh, fungsi tersembunyi dalam aplikasi akan mencuri data seperti foto, daftar kontak, dan pesan teks dari perangkat pengguna.

Pada Januari 2018, McAfee juga telah menemukan peredaran aplikasi perusak yang menargetkan jurnalis dan pembelot asal Korea Utara. Para peneliti melacak data yang digunakan dalam produksi dan distribusi aplikasi tersebut ke Korea Utara.

McAfee menamai kelompok tersebut Sun Team setelah menemukan folder bernama “sun Team Folder” dalam data yang mereka teliti. McAfee memperkirakan bahwa Sun Team adalah kelompok yang berbeda dengan tim Lazarus yang diduga bertanggung jawab atas kebocoran data Sony Pictures pada tahun 2014 dan serangan virus Wannacry pada tahun 2017.