Maverick Vinales berhasil bikin kiprah impresif di Movistar Yamaha lada balap perdana ini. Pembalap asal Spanyol itu mencapai juara seri pembuka MotoGP 2017 di Sirkuit Internasional Losail Qatar, hari Minggu 26 Maret 2017 saat malam hari saat setempat. Posisi ke-2 dihuni Andrea Dovizioso dari tim Ducati. Catatan mengagumkan juga dicapai pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi. The Doctor dapat mencapai podium di posisi ketiga sesudah start pada posisi ke-10.


Debutan MotoGP Johann Zarco pernah memimpin di posisi paling depan mulai sejak lap pertama. Pembalap Monster Yamaha Tech itu segera menyodok ke posisi ke-2 sesudah start pada posisi ke-4 di grid. Pada tikungan ke lima, pembalap asal Perancis itu dapat menyalip Maverick Vinales di posisi paling depan. Vinales yang pernah di posisi ke-2 juga tersalip oleh juara musim lantas Marc Marquez masuk lap ke-2.

Yang tidak kalah mengagetkan yaitu laju pembalap veteran Valentino Rossi yang mulai merangsek dari start ke-10 ke posisi ke enam pada lap ketiga. Masuk ke lap ketiga, posisi Vinales semakin turun ke urutan ke empat. Posisinya dapat disalip pembalap Ducati Andrea Dovizioso yang menyodok ke posisi ketiga di belakang Zarco serta Marquez.

Masuk lap ke lima, giliran posisi Marquez di urutan ke-2 yang dapat disalip Dovizioso. Pepalap asal Italia itu juga selalu membuntuti pembalap paling depan Zarco. Sayang sekali untuk Zarco! Ia tergelincir waktu lap mulai masuk putaran ke enam. Kondisi itu juga segera untungkan Dovizioso yang dapat ada di posisi paling depan mulai sejak jatuhnya Zarco. Yang diimpikan Zarco untuk memerankan kiprah impresif di MotoGP juga pupus sesudah ia terlempar pada lap ke enam.

Posisi tiga paling depan saat ini di isi oleh Dovizioso, Maverick Vinales, serta Marquez sampai lap ketujuh. Marquez lalu dapat menyalip posisi Vinales di posisi ke-2 masuk lap kedelapan. Perlahan-lahan namun tentu, Rossi telah ada di urutan ke lima masuk lap kesembilan, ada di belakang Vinales yang ada di posisi ke empat.

Nahas juga dihadapi Andrea Iannone! Ia tersingkir dari lintasan sesudah tergeincir waktu coba ambil tikungan melebar. Tidak berhasil juga ambisi pembalap Italia itu untuk mencapai podium sesudah pernah ada di urutan ketiga. Menariknya, kondisi itu memberi ruangan untuk Rossi yang saat ini telah ada di posisi ke empat, persis di belakang Marquez di urutan ketiga waktu balapan tinggal tersisa sembilan lap lagi.

Mengagumkan Rossi! Ia menyalip ke posisi ketiga waktu balapan tinggal tersisa delapan lap lagi. Rossi dapat menyalip Marquez dari segi dalam tikungan. Divizioso juga dikejar oleh duet Movistar Yamaha, Vinales di posisi ke-2 serta Rossi di posisi ketiga. Sisa tujuh lap lagi, Vinales dapat menyalip Dovizioso serta merebut posisi paling depan!

Tidak ingin menyerah, Dovizioso selalu tancap gas membuntuti Vinales. Akhirnya, ia dapat merebut kembali posisi paling depan waktu balapan tinggal tersisa lima lap lagi. Tetapi, Vinales kembali menyalip posisi Dovizioso waktu tinggal tersisa empat lap. Kembali sama-sama salip berlangsung waktu lap tersisa tiga lagi. Dovizioso pernah merebut posisi paling depan. Tetapi lagi-lagi, Vinales berhasil menyodok kembali pada posisi paling depan pada sisa dua lap lagi. Betul-betul pertarungan menegangkan.
Vinales juga tidak terkalahkan lagi masuk lap paling akhir serta berhasil melalui finis jadi juara seri pembuka MotoGP 2017. Selamat Untuk Vinales serta berhasil MotoGP 2017.