BREAKINGNEWS.CO.ID – Saat ini mungkin sudah tidak ada lagi produsen yang memproduksi sepeda motor dengan mesin berbasis 2-Tak. Kenapa hal itu terjadi? Hal ini dikarenakan sepeda motor berbasis 2-Tak tidak lulus uji emisi dengan standar Euro III. Tingkat polusi yang ditimbulkan motor 2-Tak memang dianggap lebih besar ketimbang motor 4-Tak.

Satu ciri khas yang sangat melekat dari motor 2-Tak adalah banyaknya asap yang dikeluarkan dari knalpot. Hal ini lah yang membuat motor 2-Tak sudah tidak lagi di produksi di Indonesia.

Meski pun motor bermesin 2-Tak sudah tidak diproduksi lagi saat ini. Namun ternyata para pecinta motor ini masih menjamur di kota-kota besar di Indonesia. Bahkan saat ini memiliki motor bermesin 2-Tak menjadi sebuah hobby bagi beberapa kalangan.

Di Indonesia sendiri ada lima motor 2-Tak yang paling diminati dan laris manis dipasaran. Motor ini menjadi primadona di era 90-an karena performa yang ditawarkan layaknya motor balap. Selain itu, desainnya juga begitu kental dengan nuansa balap jalanan atau road race. Jadi tidak heran jika motor bermesin 2-Tak hingga saat ini masih belum sepi peminatnya. Mau tahu motor-motor 2-Tak paling laris di Indonesia?

Berikut Lima Motor 2-Tak yang Paling Laris di Pasaran Indonesia:

1.Kawasaki Ninja 150 Super KIPS

Kawasaki Ninja 150

Motor keluaran Kawasaki ini terbilang legendaris di tanah ini karena teknologi Super KIPS (Kawasaki Integrated Power Valve System). Fitur ini merupakan sistem gas buang yang memanfaatkan buka tutup katup dengan tujuan meminimalisir gas buang.

Teknologi inid sendiri sangat berpengaruh besar terhadap performa motor. Pada putaran tinggi, Kawasaki Ninja 150 menjadi lebih bertenaga dan irit bahan bakar.  Jadi tidak heran kalau hingga saat ini, Kawasaki Ninja 150 menjadi motor yang paling banyak dicari oleh para pecinta kecepatan tinggi khususnya drag race.

2.Yamaha RX King

Yamaha RX King

Siapa yang tidak kenal dengan motor yang satu ini? Yamaha RX King ini pertama kali diluncurkan pertama kali pada awal 1980-an sebelum akhirnya dihentikan produksinya pada 2008. Alasannya tentu regulasi EURO-3 terkait emisi gas buang.

Dengan kapasitas mesin 2 tak 132cc dengan karburator Mikuni berukuran 26 mm dan diameter skep sebesar 30 mm, motor ini dibilang paling memiliki akslerasi kecepatan diatas rata-rata motor kelasnya. Dan tidak heran juga kalau motor ini dijuluki si Raja Jalanan.

3.Honda NSR 150

Honda NSR 150

Dari dua motor sebelumnya, salah satu produk motor 2-Tak Honda juga melegenda saat ini. Motor itu adalah Honda NSR 150, motor ini sendiri didatangkan langsung dari negeri tetangga, Thailand. Jadi tidak heran jika motor ini terbilang cukup mahal di kelasnya. Selain itu, motor ini juga memiliki berbagai fitur yang belum dimiliki oleh motor lain di era tahun 1990-an.

Honda NSR 150 telah memiliki teknologi elektronik. Komponen RC Valve pun telah dikendalikan oleh CDI. Di model tertingginya, Honda NSR 150 SP, sportbike 2-tak ini telah memiliki single arm. Sampai saat ini, Motor Honda NSR 150 juga masih menjadi barang antik yang sangat diminati.

4.Yamaha F1Z-R

Yamaha F1ZR

Setelah sukses dengan RX King, Yamaha akhirnya meluncurkan motor bebek 2-Tak yang hingga saat ini menjadi legenda. Yamaha F1ZR, motor yang menjadi primadona diawal tahun 2000-an. Dengan mesin 1-slilinder 2-tak 110cc, motor bebek ini pun diklaim menjadi salah satu motor bebek yang paling bertenaga.

Namun sayangnya, dengan hadirnya regulasi emisi EURO-3 motor ini berhenti diproduksi pada pertengahan 2000-an. Meski sempat hilang kabarnya, kini motor Yamaha F1ZR menjadi salah satu motor yang paling dicari oleh beberapa kalangan.

5.Suzuki Satria 120

Suzuki Satria 120

Yang terakhir ini adalah motor keluaran dari Suzuki yang juga menjadi legenda saat ini. Suzuki Satria 120, motor ini sendiri dikenal dengan sebutan Lumba-Lumba dan Hiu. Julukan itu muncul karena body motor itu sendiri menyerupai ikan Lumba-Lumba dan Hiu.

Suzuki sendiri mengeluarkan Satria 120 adalah sebagai pesaing Yamaha F1ZR yang saat itu menjadi primadona dijalanan. Dengan kapasitas mesin yang mencapai 120cc dan rangka mesin yang seperti motor balap, tak heran jika motor ini menjadi salah satu motor yang digunakan diajang balap motor atau Road Race kala itu. Sama dengan nasib keempat motor diatas, motor ini keluaran Suzuki ini harus dihentikan di pertengahan tahun 2000-an karena adanya regulasi emisi EURO-3.

Dari kelima motor diatas ini, manakah motor yang hingga saat ini masih kalian miliki? Jika kalian masih punya, rawat baik-baik motor tersebut, karena motor ini menjadi salah satu motor yang paling diburu saat ini.