BREAKINGNEWS.CO.ID - Setelah melewati proses penjurian yang ketat, akhirnya terpilih 30 finalis Lomba Video Pendek TVC Millennials. Karya para finalis tersebut masih akan diadu lagi untuk menentukan 10 pemenang. Nantinya, mereka yang terbaik berhak mendapatkan total hadiah sebesar Rp200 juta.

Ketua Tim Percepatan Millennials Tourism Gabriella Patricia Mandolang, mengaku sangat mengapresiasi antusiasme peserta. Menurutnya, ada lebih dari 560 karya yang diterima panitia. Video yang dikirimkan juga beragam sesuai tuntutan kriteria lomba yang meliputi Destinasi, Budaya, Kuliner, yang ada di Indonesia.

“Ini luar biasa. Karya-karya yang dikirimkan peserta pun bagus-bagus. Benar-benar terbukti bahwa anak muda Indonesia sangat kreatif terutama dalam hal visual konten. Saya berharap teman-teman yang belum lolos ke babak final tidak berkecil hati dan terus mengasah kemampuannya,” kata Gabby, Sabtu (17/8/2019).

Gabby bersama dua juri lain yakni Staf Khusus Menpar Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono serta selebritis serba bisa Raditya Dika, mengaku kesulitan menentukan finalis. Sebab, karya-karya yang dikirim peserta memang memiliki kualitas terbaik.

“Pada babak penyisihan awal, Kami para juri memiliki kriteria khusus dalam penilaian. Yaitu 50% quality konten, 35% interaksi sosial media dalam hal ini instagram sebagai media lomba dan 15% interaksi promosi facebook,” jelasnya.

Gabby menambahkan, pada babak kedua, penilaiannya menjadi lebih ketat lagi. Kualitas konten dinaikkan standarnya menjadi 70% dan interaksi sosial media menjadi 30%. Spesifikasi penilaian interaksi sosial media yaitu ketertarikan netizen terhadap destinasi, budaya dan lain sebagainya yang ada dalam video. Interaksi tersebut dituangkan dalam bentuk komentar pada konten para finalis yang telah terposting di akun @millennialtourism_id sejak 17 Agustus 2019. Babak kedua atau babak final ini akan ditutup pada 31 Agustus 2019.

Adapun 30 finalis Lomba Video Pendek TVC Millennials adalah karya dari akun instagram atas nama @zulfikar_aji, @abd_azis_, @akmalip, @adtxvii, @rezaarhamny, @gilung, @maulviree, @diwinadi, @jurnal.kelana, dan @faitharsyadi.

Kemudian @budy_prast, @daffadpw, @ilhamnabila_, @ec.films, @siregar.aliakbar, @rahmat_solihin8154, @ikbar_junakarta, @nl_khas, @ramdanauthentic, dan @amrirosada. Berikutnya ada @zulqisp, @mbojobackpacker_, @andhikabayu, @iwendle, @fahmiak__, @ekabrilian, @yusni_mustafa, @zulkifli_ijull, @andiksiboro, dan @arizwokey.

Staf Khusus Menpar Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono menjelaskan, lomba ini terbuka bagi siapa saja. Artinya, seluruh peserta punya kesempatan sama untuk memenangkan hadiah total Rp200 juta.

“Semua video peserta bagus-bagus dan kreatif. Kami pastikan proses penjurian pun berlangsung fair, karena point pemenang juga ditentukan melalui interaksi media sosial. Siapapun pemenangnya nanti, tentu itulah yang terbaik,” terangnya.

Terkait hadiah total Rp200 juta, jumlah tersebut akan dibagi dengan rincian Juara 1 mendapatkan Rp50 juta, Juara 2 Rp35 juta, dan Juara 3 Rp30 juta. Kemudian Juara 4 mendapatkan Rp20 juta, Juara 5 Rp15 juta, dan 5 pemenang hiburan masing-masing menerima Rp10 juta.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mendorong penuh kegiatan atau lomba yang melibatkan para millennial. Menurutnya, dari generasi ini akan muncul ide-ide brilian yang bisa dikembangkan untuk mendukung pariwisata Indonesia.

“Lomba seperti ini memang sangat pas untuk millennials. Mereka yang eksis di media sosial pasti terbiasa dengan hal-hal seperti ini. Mudah-mudahan ke depan ada lagi lomba-lomba serupa yang bakal digelar untuk memicu kreativitas para millennials,” tandasnya.