LOS ANGELES - Bruno Mars mendominasi nominasi penghargaan American Music Awards 2017. Lagunya ditempatkan di delapan nominasi. Panggung penghargaan untuk insan musik AS ini akan digelar bulan depan.

Sebagaimana dikutip Reuters, Bruno menjadi penyanyi yang menyabet nominasi terbanyak di acara ini, termasuk penghargaan paling bergengsi, yaitu Artist of the Year. Pada kategori ini ia bersaing dengan Drake, Kendrick Lamar, Ed Sheeran, dan The Chainsmoker, yang masing-masing mendapat 5 nominasi. Sementara itu, Despacito rupanya tidak terlalu menonjol, mengingat para artisnya (Justin Bieber, Luis Fonsi, Daddy Yankee) hanya menerima 4 nominasi.

Fans memegang peranan penting dalam pencalonan idola mereka sebagai nomine. Menurut penyelenggara, nomine dipilih dari interaksi dengan fans di platform Billboard Magazine dan Billboard, yang mencakup hasil penjualan lagu, tur, streaming, pemutaran radio, dan kegiatan-kegiatan sosial lain dari 9 September 2016 hingga 14 September 2017.

Di sisi lain, acara penghargaan American Music Award kali ini sepi dengan artis wanita. Hal ini sempat diprotes oleh beberapa dari mereka seperti penyanyi Halsey, yang terkenal dengan duetnya bersama The Chainsmokers, dengan lagu Closer.

Bruno Mars mengungkapkan, ia senang mendapat nominasi sebanyak itu. Di Twitter, Kamis (12/10/2017), ia mengunggah fotonya dengan kategori-kategori yang dipertandingkannya. Jika melihat cuitan Bruno, maka 8 kategori itu adaah Artist of the Year, Video of the Year, Favorite Male Artist Pop/Rock, Favorite Album Pop/Rock, Favorite Male Artist Soul/R&B, Favorit Album Soul/R&B, Favorite Song Soul/R&B, dan Favorite Artist Adult Contemporary.

 

“Terima kasih @AMAs dan terima kasih para Hooligans-ku yang sedang voting. Album ini untuk kita! ??,” tulis Bruno.

Lebih pastinya, American Music Awards 2017 (gelaran ke-45) akan digelar di Microsoft Theater Los Angeles, Minggu 19 November 2017, pukul 20.00 EST (atau Senin 20 November 2017 pukul 07.00 WIB) di saluran ABC.