BREAKINGNEWS.CO.ID – Facebook dikabarkan tengah menguji fitur dark mode (mode gelap) untuk aplikasi pesan instan Messenger. Saat ini fitur tersebut tengah diuji kepada sejumlah pengguna di beberapa negara. Namun hingga saat ini masih belum jelas di negara mana saja Facebook menguji fitur tersebut.

Yang teranyar, hal tersebut diungkap oleh ahli pembongkar aplikasi media sosial, Jane Manchun Wong.  Dalam postingannya di Twitter, Jane membagikan tampilan Messenger yang serba hitam. "Facebook Messenger, tengah melakukan pengetesan publik mode gelap di beberapa negara," tutur Jane, seperti dilansir dari Android Police, pada Selasa (1/1/2019).

 

Fitur dark mode ini merubah tampilan Messenger yang biasanya didominasi oleh latar warna putih, namun kini berubah menjadi warna hitam. Sementara teks yang sebelumnya berwarna hitam kini dirubah menjadi warna putih.

Fitur dark mode ini sendiri memang sudah ditunggu-tunggu oleh para pengguna Facebook Messenger demi menghemat baterai ponsel mereka. Tampilan aplikasi dengan dominasi warna putih diklaim lebih cepat menghabiskan daya baterai ketimbang mode gelap.

Tak hanya itu saja, tampilan dark mode Messenger juga mengubah warna-warna abu terang kini menjadi warna yang lebih gelap. Sementara untuk warna-warna terang lainnya masih tetap sama.

Namun sayangnya, pihak Facebook sendiri menyatakan jika fitur dark mode ini tengah diuji dan masih belum selesai. Sehingga dark mode tersebut tidak bisa diakses di semua fitur Messenger.

Dan uji coba ini hanya tersedia untuk beberapa pengguna terpilih di negara-negara tertentu. Seperti dikutip dari Tech Radar pada Rabu (2/1/2019) Facebook dan Wong tidak memberitahu negara mana saja yang mendapatkan akses, namun sepertinya Amerika Serikat atau Australia tidak diikutsertakan.

Sebelumnya, Facebook sendiri pertama kali menyebut jika mereka akan mendatangkan dark mode di Messenger pada bulan Mei 2018 lalu. Hingga detik ini, belum diketahui kapan fitur ini akan tersedia secara umum untuk semua pengguna Messenger.

Pengujian dark mode pada Facebook Messenger itu melanjutkan kecenderungan serupa pada beberapa waktu belakangan. Pada bulan November lalu Google pun telah melengkapi dark mode pada jajaran aplikasinya di Android.