BREAKINGNEWS.CO.ID - Rakyat Bangkit Bersatu (RBB) mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama mendinginkan kembali tensi politik agar suasana kembali normal. Ketua RBB, Ahmad menghimbau kepada elit politik bisa diberikan saran khusus agar ketegangan bisa hilang.

"Bila perlu dua kubu naik kuda bareng, minum kopi sambil maaf-maafan untuk meredakan suasana. Kerendahan hati elit politik perlu ditunjukkan kepada rakyat demi merajut kembali tenun persatuan dan tetap menjamin keberagaman terus berjalan kedepan," ungkap Ahmad, Selasa (16/4/2019).

Adapun hal itu mengemuka dalam diskusi yang mengusung tema 'Hari Tenang Jangan Bikin Tegang, Doa Bersama Merawat Nusantara & Evaluasi Kampanye' di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, Ahmad menyerukan kepada publik untuk menggunakan hak pilihnya serta berpartisipasi pada 17 April 2019 besok. (Jangan Golput) dan tetap mengedepankan ketertiban serta mengutamakan persatuan bangsa. Media sosial dan media massa pun diharapkan bisa ikut andil menciptakan suasana kondusif dan harmonis dari penyebaran berita hoax. "Jangan ada lagi intervensi saat di TPS nanti," sebutnya.

Cinta Tanah Air, Jangan Golput!

Sementara itu, Cendekiawan Nahdatul Ulama (NU), Nur Ahmad Satria mengingatkan agar masyarakat tetap memiliki pemikiran positive thinking di hajatan lima tahunan ini. Dan dirinya juga sepakat agar rakyat bisa ikut berpartisipasi menggunakan hak pilihnya pada 17 April yang tinggal menghitung waktu.

"Jangan membangun negative thinking dan perlu ada kesadaran bersama. Apapun yang terjadi itu kehendak Tuhan. Jangan golput, jangan diem harus bergerak. Tancapkan rasa optimisme tancapkan bukti tanah air coblos yang terbaik sudah jelas. Kedepankan cinta pada tanah air dengan coblos 17 April jangan golput," jelas Nur Ahmad Satria.

Nur menyesalkan jika ada segelintir pihak yang mencoba menggiring narasi ketakutan pada masyarakat. Dirinya pun menyebut tokoh yang mengancam people power sebagai tokoh yang ngaco. "Jangan percaya dengan tokoh yang ngaco," tegasnya.

Untuk diketahui, hari pencoblosan Pemilu 2019 akan dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia pada Rabu (17/4/2019) besok. Dalam pesta demokrasi kali ini, para pemilih akan menggunakan hak pilihnya untuk pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres), pemilihan anggota DPR RI, pemilihan anggota DPD RI, pemilihan anggota DPRD Provinsi dan pemilihan anggota DPRD kabupaten/kota.

Surat pemberitahuan atau undangan pun sudah diberikan sebelumnya oleh petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) kepada masing-masing pemilih yang sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Adapun pencoblosan sendiri akan dilakukan mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah disiapkan oleh petugas.