JAKARTA – Pebalap Monster Yamaha Tech 3, Hafiz Syahrin berkeinginan untuk mempersembahkan perfoma terbaiknya bagi timnya pada seri ketujuh balapan MotoGP Barcelona 2018 yang akan berlangsung di sirkuit Cataluna pada 15-17 Juni 2018. Motivasi tersebut terdorong dari perpanjangan kontrak yang disodorkan tim di sela-sela perhelatan GP Italia di Sirkuit Mugello pada dua pekan lalu.

Awalnya, keputusan Tech 3 merekrut Syahrin untuk mengantikan Jonas Folger yang mengundurkan diri akibat masalah kesehatam pada awal musim 2018 dianggap sebuah perjudian. Namun faktanya, sejauh ini pembalap Malaysia ini telah tampil melebihi ekspektasi. Pada balapan pertama di Qatar, Syahrin finis di urutan ke-14. Sukses itu membuat Syahrin langsung meraih poin pada seri perdananya sebagai pebalap MotoGP.

Hasil yang lebih mengejutkan diukir Syahrin pada MotoGP Argentina 2018. Start dari urutan ke-23, Syahrin mampu menyelesaikan balapan penuh drama itu dengan finis di posisi kesembilan. Sempat gagal finis di Austin, namun ia mampu mengakhiri balapan MotoGP Spanyol di urutan ke-16. Dalam dua balapan terakhir, Syahrin konsisten finis di urutan ke-12. Berkat penampilan apiknya, ia sukses duduk sebagai pimpinan klasemen bagi para rookie di kelas primer dengan mengoleksi 17 poin dari enam seri yang telah berlangsung di musim ini.

GP Barcelona 

Pada seri GP Barcelona ini juga ia berharap dapat kembali mendulang poin sebanyak mungkin untuk menjadi yang terbaik diantara pada rookie yang ada di kelas MotoGP. Ia bahkan meyebutkan kalau saat ini dirinya sedang memiliki feeling yang baik, mengingat Sirkuit Cataluna merupakan salah satu sirkuit favoritnya hingga dirinya mengaku kalau sudah tak sabar untuk melakoni sesi balapan kali ini.

"Saya menantikan MotoGP Barcelona karena ini seperti balapan kandang kedua saya sejak saya tinggal di Spanyol untuk waktu yang lama. Selain itu, trek ini adalah salah satu favorit saya. Kami sudah mengujinya di sana dan perasaan saya sangat baik," ujar Syahrin, dikutip Speedweek.

"Saya tak sabar menunggu balapan ini. Saya ingin menunjukkan kembali balapan yang hebat dan jadi rookie terbaik. Secara fisik, saya sekarang cukup kuat dan siap untuk Barcelona," pebalap berusia 24 tahun itu menambahkan.