BREAKINGWENS.CO.ID – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez akhirnya kembali ke jalur kemenangan usai memenangkan seri MotoGP Belanda 2018 yang berlangsung di sirkuit Assen, Minggu (1/7/2018). Kemenangan ini merupakaan kemenangan keempatnya yang diraihnya pada musim ini.

Memulai startnya dari pole position, Marquez sempat disalip oleh pembalap Ducati Team, Jorge Lorenzo dipertengahan lap pertama. Bahkan ia harus kehilangan posisinya hingga menempati urutan keempat usai Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso berhasil menyalipnya pada lap ketiga. Namun untungnya di dapat kembali merebut posisi kedua di belang Lorenzo pada lap keempat.

Salip-menyaip diantara enam pembalap terdepan, terus menghiasi jalannya balapan. Lorenzo yang sempat tampil tangguh di depan, akhir menjadi pembalap pertama yang menyerah dalam pertarungan tersebut. Ia melorot ke urutakan keenam usai dirinya disalip Dovizioso dan Marques, kemudian di susul Maverick Vinales, Alex Rins dan Rossi.

Pertarunganpun akhirnya menyusut menjadi empat pembalap yang bertarung untuk memperebutkan podium kemenang, yakni Dovizioso, Rossi, Marquez dan Vinales yang tampil begitu impresifnya bersama YZR-M1 tunggangannya. Tak palak ia berhasil menyalip Marquez untuk merebut posisi kedua, namun posisi tersebut tak bertahan lama ketiga pembalap Repsol Honda ini kembali menyalipnya di tikungan menjelang lintasan lurus.

Rossi sempat memimpin jalannya balapan, namun YZR-M1 tunggangannya tak cukup cepat untuk mengimbangi laju motor Desmosedici GP18 tunggangan Dovizioso, yang dikenal geram di lintasan lurus. Namun keselahan yang dilakukan kedua pembalap ini membuat mereka harus terlempat dari posisi tiga besar pembalap terdepan dan memudahkan Marquez melaju mulus untuk memimpin perlombaan di empat lap tersisa.

Drama pun tak berhenti terjadi dalam dua lap tersisi, di mana Vinales dan Rins yang mencoba bertarung memperebutkan posisi kedua. Terus bergantian posisi hingga lap terakhir. Hal itu membuat Dovizioso dan Rossi yang sudah cukup jauh berada di belakang kembali mendekat. Namun untungnya hal tersebut tak membuat Rins kehilangan posisi dan berhasil membawa Suzuki Ecstar merebut posisi runner-up dan Vinales merebut podium ketiga. Sementara Dovizioso di posisi keempat dan Rossi harus puas finis di urutan kelima.