BREAKINGNEWS.CO.ID – Pembalap Marc Marquez berhasil meraih gelar juara dunia yang kelima dalam ajang balap MotoGP 2018. Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo pun memberikan pujian kepada Marquez atas keberhasilan tersebut.

Marquez memastikan predikat juara MotoGP 2018 usai mengakhiri balapan di Sirkuit Motegi, Jepang pada Minggu (21/10/2018). Pembalap dari tim Repsol Honda itu finis pertama dan mengantongi 25 poin, sehingga perolehan poinnya tidak bisa dikejar lagi oleh para pesaing termasuk juga Andrea Dovizioso yang menempati peringkat kedua di klasemen pembalap. Pembalap asal Spanyol itu menjadikan MotoGP 2018 sebagai musim tersukses kedua dalam kariernya di balap motor kelas premium setelah musim 2014 lalu. Marquez tercatat sudah menjadi juara seri sebanyak delapan kali.

Rossi yang sempat menjadi pesaing Marquez di awal musim menilai sang lawan memang layak berada di podium teratas MotoGP 2018. "Ya, dia pantas mendapatkannya [juara MotoGP 2018]. Dia merupakan orang tercepat di lintasan. Itulah mengapa dia pantas mendapatkan gelar," ujar Rossi dikutip dari Tuttomotoriweb.

Tidak hanya Rossi, Lorenzo pun memberikan pujian kepada pembalap yang akan menjadi rekan satu timnya pada musim yang akan datang. Pembalap asal Ducati yang tidak dapat menjalani MotoGP Jepang 2018 karena mengalami cedera itu memberikan selamat kepada Marquez melalui media sosial. "Terkadang kita tidak sepakat ketika berkompetisi. Tetapi saya menyadari bakat serta kemahiran, dan tidak diragukan lagi. Selamat Marc Marquez, kau menjadi yang terbaik lagi," tulis Lorenzo dalam akun Twitter serta Instagram-nya.

Marquez memimpin klasemen MotoGP 2018 dengan 296 poin dan masih menyisakan tiga balapan lagi, yaitu di Australia, Malaysia serta Valencia. Apabila berhasil menjadi juara pada tiga seri tersisa, Marquez bisa melewati capaian poinnya pada musim 2014. Empat tahun lalu Marquez mendapatkan 362 poin, sementara tahun ini mantan juara dunia 125cc dan Moto2 itu bisa mendapatkan 371 poin.