BREAKINGNEWSS.CO.ID – Pembalap Repsol Honda Marc Marquez berhasil keluar sebagai juara pada seri balapan MotoGP Malaysia 2018 yang berlangsung di sirkuit Sepang, Selangor, Malaysia, Minggu (4/11/2018). Kemenangan tersebut sekaligus memastikan Honda sebagai juara pabrikan di MotoGP musim ini.

Pada klasemen sementara pembalap, tambahan 25 poin membuat The Baby Alien kini mengoleksi 321 poin. Namun fokus sebenarnya adalah posisi runner-up dipastikan milik Andrea Dovizioso. Perolehan poin DesmoDovi sudah tak dapat dikejar Valentino Rossi (195 poin).

Ada pun, The Doctor dalam ancaman besar. Finis keempat, Maverick Vinales memangkas selisih dari Rossi. Duo Yamaha hanya terpaut dua poin. Artinya, balapan pamungkas di Valencia diyakini sengit antara mereka berdua.

Keberhasilan merebut podium kedua mendongrak Alex Rins pada peringkat kelima, jumlah poin sama dengan yang dibukukan Johann Zarco, yakni 149 poin. Akan tetapi, sekarang unggul atas Danilo Petrucci (144 poin).

Andrea Iannone turun ke peringkat kesembilan, torehannya 133 poin. Sedangkan melengkapi 10 besar adalah Jorge Lorenzo, mengoleksi 130 poin.

Beralih ke perebutan titel Rookie of The Year. Franco Morbidelli masih unggul dari Hafizh Syahrin. Terpangkas menjadi dua poin, atau tepatnya selisih 10 poin.
Pada klasemen sementara pabrikan, Honda kokoh bertengger di puncak, mengumpulkan 364 poin – unggul jauh hingga 54 poin di depan Ducati (310 poin), diikuti Yamaha dalam tiga besar (272 poin).

Balapan pamungkas MotoGP akan dihelat di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada 18 November mendatang.