JAKARTA – Ajang MotoGP akan memasuki seri ketujuh pada musim ini, di mana bakal digelar di sirkuit Cataluna, Barcelona pada 15-17 Juni mendatang. Sebagai salah satu pebalap yang akan tampil dengan status tuan rumah, Marc Marquez mengaku sangat antusias untuk tatap seri kandangnya tersebut. Ia berharap dapat mempersembahkan penampilan terbaiknya untuk para pengemar setianya.

"Saya amat gembira kapan pun membalap di kandang, di hadapan fans sendiri, dan saya berharap bisa memberi mereka balapan yang menarik pada hari Minggu nanti, mengingat atmosfer spesial macam ini selalu memberi Anda energi ekstra," kata pebalap Repsol Honda ini, dikutip Crash.net.

Beberapa pekan lalu, para pebalap MotoGP menjalani uji coba di Cataluna dan menjajal layout baru pada sektor terakhir, di mana Tikungan 13 dikembalikan seperti semula. "Saat itulah kami juga mendapat kesempatan melihat layout baru, terutama di sektor terakhir, yang telah direvisi," ungkapnya.

Catalunya

Marquez pun memuji aspal baru Catalunya, yang kini punya grip yang lebih baik. Pengaspalan ulang ini bertujuan untuk mengurangi benjolan pada lintasan, tapi sayangnya mobil-mobil Formula 1 sudah mulai 'mengembalikan' masalah ini selama uji coba pramusim dan pekan balap pada bulan lalu.

"Saya rasa mereka juga melakukan pengaspalan ulang dengan baik. Kini aspalnya punya grip yang baik dan sangat menyenangkan berkendara di sana, meski mobil F1 mulai berpengaruh dan menciptakan benjolan di beberapa titik pengereman," ungkapnya. Jika dibandingkan mobil F1, motor yang digunakan para pembalap MotoGP jauh lebih sensitif. Terutama pada kondisi ban mereka. Jika terdapat gelombang, keseimbangan para pembalap Moto GP akan sangat terganggu.