Jakarta - Laga perdana dari Grup B Piala Dunia 2018 antara Maroko vs Iran di Stadion Saint Petersburg, Jumat (15/6/2018) akan menjadi perang antara wakil Afrika dan Asia di Rusia 2018. Tren membaiknya permainan Maroko dalam beberapa laga terakhir patut diwaspadai oleh Iran.

Dari lima uji coba terakhir, Maroko mengemas empat kemenangan dan sekali hasil imbang. Gelandang serang Singa Atlas ini, Hakim Ziyech, mencetak satu dari tiga gol yang berjarang di gawang Estonia melalui titik putih pada Sabtu (9/6/2018).  Tiga kemenangan lain, diraih saat mengalahkan Slovakia (2-1), Serbia (2-1), dan Uzbekistan (2-0). Sedangkan hasil seri terjadi ketika menahan imbang Ukraina tanpa gol pada 1 Juni 2018.

Pelatih Maroko asal Prancis, Herve Renard,  tetap mengandalkan Ziyech di lini tengah. Gelandang AFC Ajax ini telah mengemas 18 penampilan bersama Maroko dan mengoleksi sembilan gol. Di level klub, dari 62 laga bersama Ajax ia mengemas 16 gol.

Iran juga memiliki catatan laga uji coba yang lumayan baik. Mereka memang dua kali kalah saat bertemu Tunisia (0-1) dan Turki (1-2), namun Singa Persia ini menang tiga kali ketika melawan Algeria (2-1), Uzbekistan (1-0), dan Lithuania (1-0).

Iran memiliki rekor bagus menuju Rusia 2018. Iran adalah tim kedua yang lolos setelah Brasil. Mereka juga mengemas enam kemenangan, empat kali imbang, dan tak pernah kalah dari 10 partai kualifikasi Grup A Asia.

Iran sebagai negara peringkat 37 FIFA itu bisa tampil dua kali berturut-turut di Piala Dunia tentu sebuah prestasi tersendiri. Mereka juga memiliki motivasi tinggi untuk meraih hasil yang dan mencoba menghindari posisi juru kunci seperti yang didapat pada Piala Dunia 2014.

Duel Singa

Sementara Maroko, datang ke 2018 setelah lama absen di Piala Dunia setelah 20 tahun. Terakhir, mereka berlaga di Prancis 1998 dan berakhir di babak penyisihan grup. Pencapaian terbaik Maroko di Piala Dunia adalah melaju ke babak 16 besar di Piala 1986 Meksiko.

Partai Maroko vs Iran akan menjadi ujian dua singa di Rusia 2018. Keduanya mencoba menghindari posisi juru kunci dengan mencuri kemenangan pada partai pertama ini. Pasalnya untuk bersaing menembus babak Selanjutnya kedua tim akan mentok di tangan Spanyol dan Portugal.