BREAKINGNEWS.CO.ID - Marinus Wanewar menjadi pencetak gol terbanyak sementara di Piala AFF U-22 2019. Tiga gol telah ia sarangkan sejak fase grup, satu ke gawang Malaysia, dua ke gawang Kamboja. Timnas Indonesia U-22 saat ini telah mencapai partai final setelah menumbangkan Vietnam di Stadion Olympic, Phnom Penh, Minggu (24/2/2019), dengan skor 1-0 dari Muhammad Luthfi.

Ada fakta yang tak kalah menarik dari keberhasilan Timnas Indonesia U-22 melaju ke partai final. Adalah Marinus Wanewar yang telah bertranformasi dari pemain tipikal temperamental menjadi pemain yang mampu menahan emosi. Hal itu bermula pada laga pamungkas Grup B melawan Kamboja.

Marinus memang menjadi momok buat Kamboja U-22. Sejak awal laga, penyerang Persipura Jayapura itu kerap merepotkan barisan pertahanan tim tuan rumah. Tak jarang, pemain Kamboja U-22 melakukan duel-duel dengan Marinus hingga berusaha memancing emosinya. Hebatnya, Marinus tak terpancing dan melakukan hal yang merugikan dirinya dan pemain lainnya.

Memang, Marinus sempat ingin melepas bajunya saat mencetak gol ke gawang Kamboja. Namun, hal itu ia batalkan lantaran ditahan Asnawi Mangkualam. Selanjutnya, pada pertandingan melawan Vietnam, Marinus mendapatkan penjagaan ekstra dari pemain-pemain Vietnam. Bahkan ada yang coba menghasut pemain asal Papua ini untuk memulai pertikaian.

Beruntung, Marinus tampaknya tidak tersulut sedikitpun pancingan para pemain Vietnam sepanjang 90 menit waktu normal berjalan.  Bahkan ketika para pemain Vietnam tak henti-hentinya memulai kericuhan, Marinus justru menjadi penegah antara rekan-rekannya. Hal ini sungguh berbeda dengan Marinus biasanya yang terkenal dengan julukan Bad Boy.

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri turut mengomentari perubahan sifat Marinus. "Saya bersama Marinus tujuh minggu sekarang minggu ke delapan. Dia cerdas, jangan berpikir dia terpancing, dia bisa kontrol emosi," kata Indra.

Lebih jauh, Indra Sjafri mengajak seluruh suporter Timnas Indonesia dan wartawan untuk memberikan perhatian lebih kepada Marinus. Dia meyakini, suatu saat nanti Marinus bakal menjadi striker paling menakutkan di Indonesia. "Tolong kawal Marinus, support Marinus saya ingin dia jadi penyerang terbaik Indonesia," ucap Indra.

Perjuangan Marinus bersama Timnas Indonesia U-22 belum usai. Masih ada satu pertandingan lagi yang harus dilewati waitu partai final. Di partai puncak nanti, Timnas Indonesia U-22 akan berhadapan dengan pemenang antara Kamboja vs Thailand. Hingga berita ini diturunkan, kedua tim masih bermain imbang 0-0. Laga final bakal digelar pada 26 Februari 2019. Semangat Marinus Wanewar.