LEGANES-Real Madrid sukses memetik kemenangan pada leg pertama babak perempat final Copa Del Rey, Jumat (19/1/2018) dini hari wib.  Bertandang ke markas Leganes di Estadio Municipal de Butarque,  El Real menang dengan skor tipis 0-1 dari  gol Marco Asensio di menit ke-89.

Zinedine Zidane tidak memainkan bintang-bintang utamanya pada laga ini, termasuk Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Karim Benzema. Kiper Keylor Navas juga hanya duduk di bangku cadangan. Tuan rumah memberikan perlawanan keras sehingga wasit Jose Sanchez mengeluarkann tiga kartu kuning untuk El Zhar, Gerard Gumbau dan Jose Naranjo.

Di awal pertandingan, tempo permainan kedua tim lambat. Hingga 20 menit laga berlangsung nyaris belum ada peluang matang tercipta.

Peluang pertama datang untuk Real Madrid pada menit ke-23. Sebuah umpan bola mati Marco Asensio ditanduk oleh Raphael Varane, namun bola melambung kelewat tinggi di atas gawang.

10 menit kemudian tekanan tim tamu berlanjut. Blunder Perez membuat bola dapat diambil alih Matteo Kovacic dengan mudah. Gelandang asal Kroasia itu lantas melakukan kontrol bola dan melepaskan tendangan keras, tetapi bola sekadar melebar dari gawang.

Dua menit jelang waktu normal babak pertaa usai, umpan bola mati dari sisi pojok dilanjutkan Dani Carvajal dengan sepakan first-time, tetapi bola sempat membentur pemain lawan dan berbelok tak menuju sasaran. Hingga wasit meniup peluit turun minum skor masih 0-0.

Tujuh menit babak kedua berlangsung Leganes mendapat momentum tendangan bebas dari posisi strategis. El Zhar yang mengeksekusi bola gagal mengoptimalkan peluang, tendangannya terlalu lemah

Marco Asensio


Pada menit ke-66 peluang Leganes berlanjut. Eksekusi bola mati ditanduk Llorente, namun bola menerpa mistar gawang dan tak berujung gol. embilan menit kemudian penjaga gawang Real Madrid, Kiko Casilla melakukan penyelamatan gemilang. Sepakan voli Beauvue memanfaatkan umpan silang Amrabat dapat digagalkannya.

Peluang demi peluang terus tercipta, namun tak ada gol hingga memasuki menit akhir. Pertandingan seolah akan berakhir imbang hingga kemudian Marco Asensio menyelamatkan wajah Real Madrid semenit jelang waktu normal usai. 

Memaksimalkan umpan Theo Hernandez, Asensio melepaskan tendangan ke tiang dekat yang tak kuasa dibendung penjaga gawang lawan. Gol pun tercipta dan skor akhir 0-1 untuk kemenangan Real Madrid. 

Leg pertama babak perempat-final lainnya telah dilangsungkan sehari sebelumnya, Rabu (17/1), di mana Barcelona menyerah 0-1 pada Espanyol, Atletico Madrid kalah 1-2 pada Sevilla, dan hanya Valencia yang menang 2-1 atas Deportivo Alaves.