CERVERA-Marc Marquez, pebalap tim Repsol Honda, mengisi liburan paruh musim MotoGP dengan berlatih motorcross. Pebalap asal Spanyol ini merasa lebih percaya diri secara fisik dan emosional, kalah tampil di ajang MotoGP.

Pebalap berjuluk The Baby Alien mengaku sering berlatih bersama Alex Marquez, yang tidak lain adalah adik kandungnya sendiri. Kakak adik ini dilatih langsung oleh juara dunia MX2 2008 motorcross, Luiz Martines.

“Jose (Luiz Martinez) bisa dibilang salah satu alasan saya meraih hasil terbaik. Saya telah dilatih Jose sejak 2013. Ia bekerja baik bagi saya dan selalu menekan saya ke arah yang lebih baik,”Ungkap Marquez.

Menurut Marquez, berlatih motorcross memberikannya efek positif saat mentas di ajang MotoGP. Beberapa di antaranya ialah kemampuan Marquez dalam mengendalikan sang kuda besi (feeling) menjadi bertambah berkat rutin berlatih.

Prestasi Marquez di ajang motorcross juga patut diacungi jempol. Pada 2016, Marquez keluar sebagai juara Superprestigio Dirt Track yang diadakan di Palau Sant Jordi, Barcelona, Spanyol. Bahkan saat itu, Marquez mengalahkan jagoan motocross asal Amerika Serikat, Brad Baker.

“Memiliki sparring partner yang cepat membuat kepercayaan dan stabilitas saya bertambah. Hal itu karena Jose (Luis Martinez) merupakan mantan pembalap dan mengetahui apa yang dibutuhkan pembalap,” kata Marquez, seperti dikutip dari Speedweek, Rabu (12/7).