BREAKINGNEWS.CO.ID - Perlakuan tidak menyenangkan nyaris menimpa salah satu jurnalis olahraga asal Brasil di Piala Dunia Rusia 2018. Dia adalah reporter televisi bernama Julia Guimaraes. Saat itu, Julia Guimaraes bertugas di Yekaterinburg pada hari Minggu, (24/6). Ia melakukan siaran Piala Dunia 2018 pada pertandingan Jepang versus Senegal.

Namun laporannya terpaksa terhenti karena tiba-tiba seorang suporter datang menghampiri dan berusaha mencium pipinya. Refleks, Gumaraes menghindar. Julia berhasil menghindari ciuman dari pria yang tidak diketahui identitastersebut. Ia merespons marah kepada pria itu agar tidak bersikap seperti itu terhadap seorang wanita, sesuai dikutip BBC, Rabu (27/6/2018).

"Jangan lakukan seperti ini! Jangan pernah melakukannya lagi," ujar Julia sambil meneriaki pria itu. "Aku tidak mengizinkanmu melakukan ini, tidak akan pernah, oke? Ini tidak sopan."

Mendengar ucapan Julia, sang pria akhirnya meminta maaf. Insiden pelecehan seksual tak menyenangkan ini diunggah di akun Twitter Fantastico pada Senin (25/6).

Bukan Korban Pertama

Julia Guimaraes bukan korban pertama tindakan pelecehan seksual di Piala Dunia 2018. Sebelumnya, nasib serupa menimpa seorang wartawan asal Kolombia, Julieth Gonzales Theran. Ketika tengah melakukan reportase di depan kamera, seorang oknum suporter sepakbola memegang dadanya dan mencium pipinya. Karena live, Julieth tak bereaksi. Dia tetap melanjutkan laporannya. Namun usai insiden tersebut Julieth meluapkan kekesalannya di akun instagramnya.

"Saya ada di sana selama sekitar dua jam untuk mempersiapkan berbagai hal dan tak terjadi apa-apa. Tapi, ketika kami siaran langsung orang itu memanfaatkannya. Dia mendatangi saya, mencium saya, dan dia menyentuh dada saya. Saya harus lanjut. Setelahnya, saya berusaha untuk mencari orang itu, tapi dia sudah pergi,"ungkapnya seperti dikutip Mirror.

Akibat Pemberitaan Media Rusia

Hal tersebut terbukti lewat banyaknya artikel yang menjadikan perempuan Rusia sebagai objek pemberitaan mereka. Seperti dilansir BBC, surat kabar Rusia Moskovskiy Komsomolets menuliskan sebuah artikel dengan judul 'Trik Cinta: Wanita Cantik Rusia Dapatkan Fans Asing'. Selain itu juga situs olahraga Championat yang membuat tips 'Bagaimana Wanita Rusia mendapatkan pria asing."

Belum lama ini, Rusia pun digemparkan dengan sebuah iklan makanan cepat saji ternama. Iklan itu sendiri berisi tentang bonus makanan jika syarat yang mereka sediakan bisa dipenuhi oleh wanita yang ada di negara tersebut. "Wanita yang berhasil mendapatkan gen pemain sepakbola terbaik akan mempromosikan kesuksesan tim Rusia untuk generasi mendatang," tulis iklan tersebut. Singkatnya, wanita yang dapat hamil dari pesepakbola yang main di Piala Dunia 2018 akan mendapatkan bonus dari restoran tersebut.