JAKARTA -Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan, pada Selasa (23/1/2018) pukul 23.55 WIB. Almarhum meninggal di usia 91 tahun.

Daoed Joesoef sebelumnya sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Medistra sejak Sabtu (20/1/2018) lalu. "Beliau punya riwayat penyakit (jantung) koroner," kata Bambang Pharmasetiawan, menantu almarhum di rumah duka di Jalan  Bangka VII Dalam Nomor. 14, Jakarta Selatan.

Rabu (24/1) siang ini jenazah Daoed Joesoef akan dimakamkan di Pemakaman Giri Tama, Bogor, Jawa Barat. "Dari rumah duka  berangkatnya sekitar 11.00 WIB," ujar Bambang.

Daoed Joesoef merupakan pria kelahiran Medan, Sumatera Utara, pada 8 Agustus 1926. Ia pernah menjadi Mendikbud periode 1978-1983 dalam Kabinet Pembangunan III.

Selama menjabat, dia mengeluarkan kebijakan Normalisasi Kehidupan Kampus/Badan Koordinasi Kemahasiswaan (NKK/BKK). Kebijakan itu intinya dimaksudkan untuk membersihkan kampus dari kegiatan-kegiatan politik.

Dengan NKK/BKK, Joesoef melarang politik masuk kampus. Dia hanya memperbolehkan kegiatan politik dilakukan di luar kampus. Bagi Joeseof, tugas utama mahasiswa adalah belajar, bukan berpolitik.