MEDAN - Kelurahan Karang Berombak, Kecamatan Medan Barat memiliki berbagai program unggulan yang tidak dimiliki kelurahan lain, atas dasar itu pihaknya juga dinobatkan sebagai satu dari lima calon kelurahan terbaik se-Sumatera Utara.

Berbincang dengan Lurah Karang Berombak Muhammad Ridho Siregar. Ia menceritakan bahwa pihaknya menerapkan pelayanan e-Kelurahan.

Dengan konsep pelayanan tersebut, masyarakat tidak harus bertemu lurah serta petugas kelurahan untuk membuat pengaduan.

" Kami sediakan satu unit komputer di lantai satu yang bisa dipakai masyarakat. Di komputer itu masyarakat bisa isi data diri seperti nama, alamat, nomor telepon, serta gambaran masalah, " ucap Ridho kepada BreakingNews.co.id, Rabu (19/7/2017).

Kedepan Ridho berharap sistem e-Kelurahan bisa dipakai melalui smartphone.

Pihaknya juga sudah menerapkan sistem e-planning. Hasil rembuk warga di tingkat lingkungan segera diunggah ke situs Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Medan.

Meningkatkan keamanan lingkungan, Kelurahan Karang Berombak juga turut tergabung dalam aplikasi Close User Group (CUG) yang dibuat Kodim 0201 BS. Aplikasi ini sebut Redho menyerupai grup whatsapp.

" Ini aplikasi pesan, sesama anggota grup bisa berkomunikasi apa saja yang menyangkut keamanan, " papar Ridho yang telah enam tahun bertugas di Kelurahan Karang Berombak.
Sekedar informasi, kelurahan Karang Berombak terbagi dalam 19 lingkungan dengan luas sekitaran 105 hektar.

Data paling akhir pada Desember 2016, masyarakat di kelurahan ini sejumlah 28. 846 jiwa .

200 meter sebelum tiba di Kantor Kelurahan Karang Berombak merupakan kawasan unggulan. Pembangunan kawasan unggulan ini adalah hasil swadaya masyarakat, mencakup tempat duduk, pohon yang teduh, bebas sampah dan kualitas drainase serta jalan yang baik.