BREAKINGNEWS.CO.ID - Manchester City sukses meraih poin sempurna dalam lawatannya ke markas Southampton. Berlaga di St Mary's Stadium, Minggu (30/12/2018), The Citizens menang dengan skor meyakinkan 3-1. Tiga gol kemenangan City dicetak oleh David Silva ('10), bunuh diri James Ward Prowse ('45), dan Sergio Aguero ('45+3). Sedangkan Southampton mendapat angka hiburan lewat Pierre Hojbjerg ('37).

Tiga poin membuat City kembali naik ke posisi dua dengan 47 poin, terpaut 7 angka dari Liverpool di puncak klasemen. City membuat Tottenham Hotspur turun ke posisi tiga dengan 45 poin, setelah sebelumnya digebuk Wolverhampton Wanderers 1-3. Sementara kekalahan membuat Southampton berada di peringkat 17 dengan 15 poin. The Saints punya poin yang sama dengan Burnley di peringkat 18 atau zona merah terakhir di papan klasemen.

Keganasan City langsung berujung gol ketika pertandingan baru berjalan 10 menit. David Silva mencatatkan namanya di papan skor memanfaatkan crossing mendatar Bernardo Silva dari jarak dekat. Usaha tuan rumah akhirnya membuahkan hasil setelah Hojbjerg memaksimalkan kesalahan Oleksandr Zinchenko.

Ketika babak pertama hampir imbang, The Citizens justru menunjukkan kapasitasnya. Aksi Raheem Sterling berbuah gol bunuh diri Ward Prowse. Sementara Zinchenko membayar kesalahan dengan mengirimkan bola yang dimaksimalkan Aguero. Selepas jeda, Manchester City terus menekan dan mendapat peluang lewat Aymeric Laporte, Sterling, Aguero, serta Riyad Mahrez. Pada saat bersamaan, Fernandinho dan kawan-kawan menguasai jalan laga dan tidak membiarkan Southampton menciptakan kesempatan. Perjuangan The Citizens lebih mudah ketika Hojbjerg menerima kartu merah di menit ke-85 usai mengasari Fernandinho.

Di pertandingan lainnya, Burnley berhasil menang 2-0 atas West Ham United di Turf Moor, Minggu (30/12). Walau berhasil meraih tiga poin, The Clarets masih belum lepas dari zona degradasi. Chris Wood berhasil membuka keunggulan tuan rumah di menit ke-15. Memanfaatkan umpan Ashley Bar. Burnley kini duduk di peringkat k-18 dengan koleksi 15 poin dari 20 pertandingan. Mereka mengantongi poin yang sama dengan Southampton (yang baru saja kalah dari Manchester City), tetapi kalah selisih gol.