JAKARTA – Manajer tim nasional Belgia, Roberto Martinez, mengaku senang dengan hasil yang diraih timnya setelah sempat frustasi ketika berhadpan dengan Timnas Panama pada laga pertama di fase penyisihan Grup G Piala Dunia 2018 pada Senin (18/6/2018) malam WIB.

Pada laga yang berlangsung di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Belgia dibuat kewalahan untuk menembusnya rapatnya dinding pertahanan Panama. Penampilan apik penjaga gawang Jaime Penedo membuat Eden Hazard dkk sulit mencetak gol. Namun akhirnya, para pemain De Rode Duivels berhasil tampil agresif di paruh kedua.

Tiga gol sukses diraih Belgia pada paruh kedua. Gol pembuka Belgia terlahir lewat Dries Mertens pada menit ke-47. Serta Romelu Lukaku yang sukses menambah pundi-pundi golnya bersama Belgia pada menit ke-69 dan 75.

Dengan kemenangan telak 3-0 ini, Martinez pun mengaku senang. Ia menyatakan bila hasil ini sesuai dengan apa yang ia harapkan. Ia juga menjelaskan jika tidak ada pertandingan yang mudah di Piala Dunia.

"Saya senang. Ini jelas apa yang kami harapkan. Tak ada pertandingan yang mudah di Piala Dunia," ungkap Martinez kepada wartawan usai pertandingan tersebut.

"Kami mengawalinya dengan sangat baik tapi kemudian menjadi frustrasi saat babak pertama berlangsung. Namun, saya senang dengan bagaimana tim bereaksi dan komitmen semua orang untuk tetap tidak kebobolan," jelasnya.

"Pada babak kedua kami menemukan ketenangan dan gol dari Mertens, gol yang luar biasa, juga sangat penting untuk kami. Di Piala Dunia, Anda harus siap bermain selama 90 menit dan kami telah mempersiapkan diri untuk bekerja keras, menunjukkan kedewasaan dan kebersamaan yang nyata," pungkasnya.

Dengan kemenangan telak ini, Belgia pun sukses memuncaki klasemen Grup G karena unggul selisih gol dari Inggris yang baru saja menaklukan Tunisia dengan skor akhir 2-1.

Kini selanjutnya, tim nasional Belgia akan kembali melakoni laga kedua mereka kontra Tunisia di Otkritie Arena, Moskow, pada 23 Juni 2018. Sementara Panama yang gagal meraih poin di laga ini, akan bersua dengan The Three Lions.