JAKARTA- Sumnpah Pemuda memiliki makna tersendiri bagi Ketua Kongres Advocat Indonesia (KAI) DKI Jakarta, M.M. Ardy Mbalembout. Menurutnya, makna sumpah pemuda sebagai pengacara adalah bagaimana semangat memberikan bantuan dan pelayanan hukum kepada kaum marginal. Terlebih ini mereka yang selama ini tidak mendapat keadilan dari hasil pembangunan.

"Padahal aset terbesar bangsa ini adalah rakyat sebagai sumber daya utama. Hari ini kita masih melihat secara masif, dimana-mana terdapat banyak sekali anak mudah yang menjadi pengangguran," ujar Ardy kepada BreakingNews.co.id, Sabtu (28/10/2017).

Menurut Ardy, dampak pengangguran mengakibatkan tak sedikitnya anak muda dipengaruhi oleh hal-hal yang menyimpang. Misalnya berkelompok melakukan tindakan teror dan kekerasan. Hal ini, menjadi bagian dari jaringan perdagangan gelap narkoba, bahkan bisa dipengaruhi menjadi teroris.

"Saya berharap dengan semangat Sumpah Pemuda apa yang telah dimulai oleh para pahlawan pemuda kita pada tahun 1928 dalam menyatukan diri tanpa melihat perbedaan. Semangat untuk bersatu dan memerdekakan diri dari penjajah harus menginspirasi kita generasi muda hari ini agar bersatu padu meningkat kualitas diri dan bekerja sama demi Indonesia yang lebih baik," tegasnya.

Ardy juga berharap Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) bisa menjadi pionir untuk menggerakan dan memotivasi para pemuda Indonesia agar dalam jiwanya selalu bergelora semangat nasionlime yang kuat. "Adapun Ormas-ormas yang bertentangan dengan Pancasila, saya sepakat untuk dibubarkan," pungkasnya.