BREAKINGNEWS.CO.ID –Aplikasi berbagi video TikTok kini semakin populer, bahkan hingga ke pasar Amerika Serikat. Hal ini pun membuat TikTok menjadi aplikasi mobile yang paling banyak di download netizen di negeri Paman Sam.

Aplikasi yang berasal dari China ini bahkan mampu mengalahkan Facebook, Instagram, YouTube, dan Snapchat dari segi jumlah unduhan dalam sebulan terakhir ini. Bisa dibilang, TikTok kini bisa disejajarkan oleh aplikasi-aplikasi top di dunia saat ini.

Menurut data dari firma analis SensorTower, TikTok meraup pangsa pasar sebesar 42,4 persen dalam hal peng-installan bulanan pada 30 Oktober kemarin. Pangsa pasar itu digabungkan dari Apple App Store serta Google Play Store. 

Dalam periode Oktober 2018, ada sebanyak 3,81 juta orang yang meng-install TikTok untuk pertama kalinya. Angka itu mampu mengalahkan Facebook yang hanya mampu meraup 3,53 juta instalasi. Meskipun begitu begitu, TikTok masih lemah jika dilihat dari tingkat interaksi pengguna. Menurut data dari Apptopia, engagement TikTok hanya sebesar 29 persen, berbeda dengan Facebook yang mencapai 96 persen.

Sementara itu, aplikasi populer lainnya pun memiliki tingkat engagement tinggi, adalah Instagram, YouTube, dan juga Snapchat, yang masing-masing mencapai angka 95 persen, menurut data yang dikeluarkan dari TechCrunch.

TikTok sendiri sejatinya merupakan aplikasi baru, aplikasi ini petama kali didirikan pada September 2016 lalu. Salah satu faktor yang memperkuat posisi TikTok adalah keputusannya meminang layanan serupa bertajuk Musical.ly pada 2017 lalu.

Menurut analis, TikTok membangun dinastinya untuk layanan video pendek berbasis musik. Meski jalan yang tidak selalu mulus karena kerap diterpa kontroversi, TikTok nyatanya berhasil membuktikan diri sebagai aplikasi yang baik.

Dalam jangka dua tahun, TikTok pun berhasil menggeser kemapanan posisi layanan-layanan lawas sebelumnya. Popularitas TikTok baru dimulai sekitar pertengahan tahun ini, lantas terus menanjak hingga sekarang. Di Indonesia pun, aplikasi ini menjadi aplikasi yang sangat hits di kalangan reamaja.