JAKARTA - Indonesia patut berbangga, pasalnya designer Vivi Zubedi kembali menorehkan prestasi di ajang fashion dunia. Wanita cantik berdarah Yaman-Iraq itu menjadi satu-satunya desainer yang memamerkan busana berhijab di panggung The Shows New York Fashion Week 2018 pada Minggu (11/02/2018). Sekitar 500 tamu memenuhi gedung Industria di Downtown Manhattan, New York.

Tak hanya memamerkan produk hijab, ia membawa kain sasirangan dan tenun pagatan khas Kalimantan Tengah di ajang tersebut. Kain tradisional itu ia sulap jadi tampilan klasik ala Victorian dipadukan dengan kain-kain modern seperti suede dan lace. Vivi tampil dengan rangkaian busana dengan tema Urang Banua.

Koleksi yang dipamerkan tak hanya potongan busana, tapi juga aksesoris seperti topi, sepatu, hingga tas. Bagi yang mengenal DNA desain Vivi Zubedi, koleksi spesialnya ini terasa berbeda karena tak lagi terpaku pada abaya.  Abaya merupakan busana muslim yang terkenal di negara Arab.

Jadi satu-satunya desainer yang mengatasnamakan modest fashion, Vivi Zubedi mendapatkan respon positif dari berbagai pihak. Semua kursi di pertunjukkannya hari itu terisi penuh.

Pada ajang  New York Fashion Week bulan September tahun lalu, Vivi juga membawa koleksi abaya. Namun saat itu, dia tampil bersama dengan sejumlah desainer lain asal Indonesia. "Sangat mengejutkan. Saya punya banyak klien di sini," kata Zubedi di belakang panggung, seperti dilansir dari The New Paper, Selasa, 13 Februari 2018.

Terlihat beberapa sosok spesial yang duduk di front row seperti Miss Universe 2017 Demi-Leigh Nel-Peters dan Miss USA 2017 Kara McCullough. Aktris Johanna Braddy juga tampak hadir di sana.

Gita Savitri, Youtuber Indonesia ikut menyaksikan kemeriahan acara tersebut. Tak hanya karena koleksi Vivi Zubedi yang keren, ia mengaku terkesima dengan cerita di balik koleksi tersebut.

Terpilihnya Vivi Zubedi di New York Fashion Week ini menambah daftar desainer hijab Indonesia yang berprestasi di kancah dunia. Dengan kualitas busana yang ia tunjukkan, Vivi Zubedi berhasil membuka celah lagi bagi Indonesia untuk menjadi kiblat fashion hijab dunia.