JAKARTA -Muhammad Devirzha, penyanyi yang populer dengan gayanya yang macho dan rambutnya yang panjang itu, memulai kariernya di dunia tarik suara di sebuah grup musik indie kota Medan bernama Hoppipolla. Itu di tahun 2006–2008.

Virzha, yang 12 Mei lalu tepat berusia 28 tahun, lahir dan besar di Banda Aceh, dari keluarga keturunan Arab-Aceh dan jawa. Virzha membentuk sebuah band bernama Reborn, yang ia gawangi hingga akhir tahun 2009. Pada awal tahun 2010.

Pada tahun 2014, Virzha mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol season 8. Ia berhasil lolos ke babak spektakuler hingga akhirnya tereliminasi pada tanggal 9 Mei 2014 dan otomatis keluar sebagai juara ketiga.

Selepas dari ajang pencarian bakat tersebut, Virzha terjun ke industri musik lewat single Aku Lelakimu bersama label musik Alfarecords, remake lagu yang pernah dinyanyikan Anang Hermansyah.

Setelah menanti lama, Virzha akhirnya meluncurkan album terbarunya yang berjudul Kedua. Ada sekitar 11 lagu yang terdapat di dalam album teranyarnya tersebut, di antaranya sembilan lagu yang diciptakan sendiri oleh pria berambut gondrong itu dan dua lagu yang didaur ulang.

Lagu berjudul Tentang Rindu menjadi lagu andalan Virzha. Pasalnya, lagu tersebut mengekspresikan rasa sayangnya untuk sang ayah.

"Dari dulu memang aku jarang dekat sama orangtua. Dia (ayah) kerja di luar kota, terus Virzha salah satu orang yang menyia-nyiakan waktu sama orangtua. Sebenarnya ini permohonan maafku ke orangtua dan pendedikasian, pengungkapan di mana rasa rindu setiap hari," kata Virzha yang dijumpai di kantor musik, Alfarecords di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu, 23 Mei 2018.

Sebelumnya, pria yang besar dan tumbuh di Medan ini telah menelurkan album berjudul Satu (2015). Album ini dirilis di bawah label Alfa Records dan didistribusikan melalui Texas Chicken mulai Mei 2018.