JAKARTA -- Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin memohon beberapa petugas haji menempatkan benar tujuannya melayani jamaah. Sebab, dia menilainya, dalam menggerakkan tugasnya, petugas haji Indonesia bakal jadi contoh untuk banyak negara didunia.

" Warga dunia bakal lihat kita. Kita jadi teladan dunia, jadi contoh banyak negara didunia, " kata Lukman di Pembekalan Petugas Haji Arab Saudi, Selasa (13/6).

Lukman mengharapkan, petugas bukan hanya dapat kuasai bagian pekerjaan yang dipunyai, namun kuasai semua prosesi haji, termasuk juga manasik. Pasalnya, harapan jamaah haji yang menjumpai petugas pasti supaya bisa melayani, membina serta membuat perlindungan.

Karenanya, Lukman memohon, petugas memaknai petugas arti utama melayani tamu-tamu Allah SWT, terlebih amanah besar yang ada. Dikatakannya, melayani bukan hanya pekerjaan nasional yang ada di UU, namun juga amanah dari Allah SWT.

" Jadi, walaupun saudara-saudara kita datang dari latar belakang yang berlainan, saat di Tanah Suci kita jadi satu, " tutur Lukman.

Lukman ikut memohon, supaya petugas haji menanggalkan atribut yang ada sepanjang di Tanah Air, serta menyingkirkan sekat yang ada. Menurut Lukman, petugas haji adalah duta bangsa, yang ada di Tanah Suci atas nama Indonesia.