BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Belgia sukses mengalahkan Swiss dengan skor tipis 2-1 dalam lanjutan liga negara Eropa atau UEFA Nations League di Stadion Stade King Baudoui, Brussel, Sabtu (13/10/2018) dini hari WIB.

Belgia mencatatkan kemenangan kedua mereka di Grup 2 Liga Negara Eropa A setelah menumbangkan Swiss. Sebaliknya, bagi Swiss, ini merupakan kekalahan perdana mereka, setelah pada September 2018 lalu menang besar 6-0 atas Islandia. Dengan demikian, Belgia saat ini memimpin klasemen Grup 2 dengan raihan enam poin. Roberto Martinez selaku pelatih Belgia kembali menurunkan skuat terbaiknya. Eden Hazard, Romelu Lukaku dan Dries Mertens turun sejak menit awal sebagai trio lini depan. Menggunakan formasi 3 bek, Thomas Vermaelen tampil menggantikan Jan Vertonghen karena cedera. Sementara posisi kiper masih dipercayakan terhadap Thibaut Courtois.

Sementara itu, pelatih Swiss, Vladimir Petkovic juga tidak memiliki kendala dalam menurunkan skuat utamanya. Kembalinya Michael Lang di posisi bek kanan dari cedera dapat memperkuat lini pertahanan. Sementara itu ada nama Remo Freuler dan Nico Elvedi yang turun sejak menit pertama. Haris Seferovic, Xherdan Shaqiri dan Granit Xhaka turut tampil sejak menit awal. Pada babak pertama, Swiss lebih unggul dalam hal penguasaan bola, namun tuan rumah Belgia lebih sering mengancam. Pada menit 10, Yannick Carrasco mendapatkan peluang untuk membuka keunggulan Belgia. Akan tetapi, tandukan dari sudut sempit memanfaatkan umpan Thomas Munier masih melebar dari sasaran.

Peluang emas kembali didapat oleh tuan rumah pada menit 33. Tetapi, upaya Romelu Lukaku usai menerima umpan Axel Witsel masih dapat dimentahkan oleh Yann Sommer. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai dalam pertandingan di Liga A Grup 2 UEFA Nation League ini. Memasuki babak kedua dimulai, Belgia langsung mengambil inisiatif menyerang. Pada menit 49, Romelu Lukaku kembali gagal mengonversi peluang menjadi gol setelah menerima umpan tarik dari Thomas Munier. Tandukan dari penyerang Manchester United tersebut masih melebar ke sisi gawang Yann Sommer.

Upaya Romelu Lukaku untuk membawa Belgia unggul pada akhirnya membuahkan hasil pada menit 58. Kembali dari sisi kiri pertahanan Swiss, Thomas Munier sukses mengirim umpan tarik ke area kotak penalti. Bola kemudian jatuh di kaki Romelu Lukaku yang dengan tenang melakukan sepakan mendatar ke arah pojok kiri gawang dan tak mampu diantisipasi Yann Sommer. Tim tamu balas mengancam pada menit ke-61. Berawal dari sepak pojok, Steven Zuber mendapatkan bola setelah terjadi kemelut dan langsung melakukan tendangan dari sisi kiri area gawang. Namun, arah bola masih tepat ke tengah gawang dan masih mudah di antisipasi oleh Thibaut Courtois.

Upaya anak asuh Vladimir Petkovic dalam menyamakan kedudukan pada akhirnya berbuah manis pada menit 76. Bermula dari situasi bola mati, pemain pengganti Mario Gavranovic melakukan tendangan kaki kiri dari jarak dekat usai memanfaatkan sundulan tak sempurna dari Michael Lang. Gavranovic masuk menggantikan Haris Seferovic. Tidak ingin malu dikandang sendiri, Belgia kembali unggul ketika pertandingan memasuki menit ke-84. Kembali, aksi mantan penyerang Everton, Romelu Lukaku berhasil menggetarkan gawang Yann Sommer untuk kedua kalinya pada laga ini. Menerima umpan dari Dries Mertens, bola tendangan penyerang berusia 25 tahun itu deras melaju ke gawang Swiss. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Belgia. Meskipun memiliki beberapa peluang untuk menyamakan kedudukan, Swiss tetap tidak mampu mencetak gol di sisa waktu babak kedua. Hasil ini membuat Belgia mengambil alih puncak klasemen Grup 2 Liga A. Sementara Swiss berada di posisi kedua dengan 3 poin dari dua pertandingan.

Susunan Pemain:


Belgia (3-4-3): 1-Thibaut Courtois; 4-Vincent Kompany, 3-Thomas Vermaelen, 2-Toby Alderweireld; 15-Thomas Meunier, 6-Axel Witsel, 11-Yannick Fereira-Carrasco, 17-Youri Tielemans; 10-Eden Hazard, 14-Dries Mertens, 9-Romelu Lukaku

Pelatih: Roberto Martinez

Swiss (4-4-1-1): 1-Yann Sommer; 6-Michael Lang, 13-Ricardo Rodriguez, 22-Fabian Schaer, 4-Nico Elvedi; 14-Steven Zuber, 10-Granit Xhaka, 8-Remo Freuler, 17-Denis Zakaria; 23-Xherdan Shaqiri; 9-Haris Seferovic

Pelatih: Vladimir Petkovic