BREAKINGNEWS.CO.ID - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyampaikan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) Pemilu 2019 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Bendahara Umum PSI, Suci Mayang Sari mengatakan jika dana kampanye yang dilaporkannya sebesar Rp21,3 miliar. Menurutnya, dari sejumlah dana tersebut terbagi dari beberapa bentuk sumbangan.

"Nilai penerimaan parpol atau laporan penerimaan sumbangan dana kampanye di periode kedua ini, PSI memberikan laporan senilai total Rp21,3 miliar. Jadi kalau mau saya bacakan Rp 21.332.813.567," kata Suci kepada wartawan saat ditemui di kantor KPU, Rabu (2/1/2019).

"Nilai itu terdiri dari Rp1 miliar merupakan sumbangan dari publik, sebagian besar sumbangannya berupa barang, itu sekitar 7 ratus jutaan berupa barang sisanya sekitar Rp250 jutaan itu berupa uang. Uang yang masuk ke rekening khusus dana kampanye yang kami laporkan ke KPU," sambungnya.

Menurutnya, dengan besaran sumbangan dana yang diperoleh dari masyarakat, Suci mengatakan jika hal itu merupakan bentuk dari dukungan masyarakat kepada partai yang digawangi oleh Grace Natalie itu. "Kemudian, dari kontribusi pribadi caleg sebesar Rp20 miliaran. Jadi kalau di total keselueuhan kami hari ini menyerahkan Rp21 miliar.

Namun, untuk dana perseorangan, dirinya enggan menyebutkan dari siapa saja penyumbang paling tinggi. Untuk itu, dirinya mengaku akan memeriksa hal tersebut terlebih dahulu. Tak hanya berupa uang, lanjut Suci, sumbangan juga diberikan berupa barang seperti halnya spanduk dan lain-lain.

"Saya perlu cek ya. Antara lain ada juga yang memberikan sumbangan barang. Jadi mereka mencetakkan spanduk atau mencetakkan atribut kampanye diberikan ke kita sudah barang jadi, itu banyak. Paling banyak spt itu. Jadi itu lebih memudahkan kita. Jadi kita sama-sama fair aja. Kalau mau bant, silahkan cetakkan. Kita terima kok," terangnya.

"Kalau mau menyumbang untuk caleg yang mana pun mudah. Jadi kami sudah bikin sistem di bagian keuangan. Setiap caleg itu punya nomor kode unik. Jadi misalnya si A kode uniknya 321, maka ketika orang menyumbang ke rekening kami, diberikan nomor itu, jadi misal menyumbang Rp1 juta, berarti dia menyumbang sebesar Rp1.000.321. Jadi, setiap dana yang masuk jelas peruntukannya kepada caleg yang mana," imbuh Suci.

Dirinya juga mengatakan jika ada kader partai yabg akan menyumbangkan dana, maka para kader itu tinggal membuka website yang telah disediakan sebelumnya. Sementara itu, untuk dana yang berasal dari korporate sendiri diakuinya belum ada. "Di situ jelas terlihat fotonya seperti apa, celeg mana, dapil mana, track rekornya apa, jelas. Tinggal di klik," kata Suci menambahkan.