BREAKINGNEWS.CO.ID- Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) kembali menggelar turnamen LPI Chess Cup II 2019. Kali ini digelar di Maria Convention Hall, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (31/3/2019). 
 
Direktur LPI, Boni Hargens dalam sambutannya mengatakan, proses menuju Pilpres 17 April 2019 cukup melelahkan setelah muncul ketegangan dan kegaduhan antarpendukung baik di dunia maya maupun dunia nyata. 
 
"Keadaan ini sudah tidak sehat bagi bangsa, peradaban dan martabat kita sebagai manusia Indonesia," kata Boni. 
 
Hal tersebut kata Boni sebagai alasan menyelenggarakan turnamen catur yang diikuti oleh ratusan masyarakat itu. Menurut Boni, turnamen tersebut digelar sebagai bentuk komitmen moral politik untuk merayakan pemilu dengan semangat kegembiraan dan persaudaraan. 
 
"Sebagaimana motto catur dunia, Gens Una Sumus (Kita satu kawan, satu keluarga). Kami ingin semangat kekeluargaan dan persaudaraan ini harus tetap terjaga di tengah perbedaan pilihan politik," tegasnya. 
 
Boni menambahkan, turnamen tersebut juga sebagai kegiatan sekaligus seruan moral agar proses elektoral menjelang pemilu dan pemilihan Presiden harus tetap mengutamakan akal sehat, sportivitas dan integritas.
 
"Hoax dan ujaran kebencian tidak mempunyai ruang di atas papan catur. Semoga politik pemilu kali ini pun harus bebas dari segala bentuk hoax, fitnah dan demagogi kebencian," tukasnya.