BREAKINGNEWS.CO.ID –  Ratusan tahanan  Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas II A Banda Aceh kabur dari tahanan mereka pasca kerusuhan antar sesama penghuni. Terbatasnya jumlah penjaga penjara yang terletak   di kawasan Lambaro, Aceh Besar, Provinsi Aceh itu tak mampu menahan pelarian para napi dalam peristiwa yang terjadi  terjadi sekitar pukul 19.00 WIB tersebut. Kejadian pelarian ratusan penghuni itu  berlangsung di tengah kondisi hujan deras.

"Sebanyak 113 narapidana dan tahanan dilaporkan melarikan diri. Saat ini mereka sedang dalam pengejaran aparat Kepolisian. "Polisi masih berjaga-jaga di LP ini," kata seorang petugas penjara.

Tak sekedar kabur, akibat dari kerusuhan itu terlihat dari  kondisi hancurnya sejumlah kaca jendela.

Belum diketahui penyebab kerusuhan LP Kelas IIA Banda Aceh tersebut.

Sebelumnya, peristiwa serupa dan lebih parah pernah terjadi di lokasi yang sama   awal 2018. Saat itu ratusan penghuni penjara bahkan sempat membakar bangunan kantor petugas

Penjara tersebut diinformasikan berisi 500 narapidana dan tahanan. Hingga berita ini disiarkan, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait.

Dikutip dari Serambinews.com, dari dekat lokasi, sayup-sayup suara yang berasal dari toa atau mikrofon menggema, namun tak diketahui apa isi pengumuman tersebut.

Informasi kaburya sejumlah napi di LP Lambaro sempat membuat resah warga.

Karena tak lama setelah kejadian beredar pesan berantai yang mengingatkan agar warga hati-hati dengan insiden larinya para tahanan tersebut

Ada dalam bentu gambar atau tulisan.

"Banda Aceh & Aceh Besar situasi siaga/tidak menentukan, tetap waspada karna baru saja ada tahanan sekitar 200 orang kabur dari penjara ! Bila ada yang minta tumpangan jgn berhenti/mau".