BREAKINGNEWS.CO.ID - Film terbaru yang mengangkat biografi seseorang yang bernama Pablo Escobar Gaviria akan meramaikan bioskop tanah air pada akhir Juni 2018 ini. Banyak dari pecinta film pasti pernah mendengar nama Pablo Escobar. Ya, dia adalah “raja” dari sebuah kartel atau kerajaan penjualan obat bius atau kokain yang sekaligus mafia besar asal Kolombia.

Film yang berjudul Loving Pablo ini tidak sekedar menceritakan sepak terjang dirinya bersama kartel yang didirikannya dalam penjualan obat bius atau kokain saja. Sutradara sekaligus penulis film Loving Pablo ini, Fernando Leon de Aranoa juga menyelipkan unsur drama sebagai pemanis dan membuat cerita semakin menarik.

Film Loving Pablo menceritakan seorang biasa bernama Pablo Escobar dalam waktu singkat menjadi orang kaya baru di Kolombia. Sejak saat itu Don Pablo mulai menguasai hampir keseluruhan wilayah di Kolombia khususnya di daerah Medellin. Dirinya memanfaatkan orang miskin di wilayah tersebut dengan mendirikan rumah untuk menutupi kejahatannya sebagai gembong narkoba.

Sosok Pablo Escobar yang notabennya sudah memiliki istri yaitu Maria Victoria justru membuat sosok jurnalis cantik dan terkenal sebagai pembawa acara berita TV di Kolombia, Virginia Vallejo untuk jatuh cinta karena sosoknya yang berkarisma. Ha; tersebut bermula ketika keduanya bertemu di sebuah pesta yang diadakan Don Pablo dikediamannya.

Pertengahan tahun 1980-an kerajaan kejahatannya semakin besar dan penyelundupan obat bius ke Amerika pun semakin tinggi. Don Pablo juga memanfaatkan tokoh politik di kongres Kolombia dengan memberikan sokongan dana besar. Saat itu kejahatannya mulai tercium oleh pemerintah Kolombia dan Amerika, yang membuat agen DEA (badan narkoba AS), Shepard mulai menyelidikinya.

Virginia yang menjadi kekasih Don Pablo mulai menyadari dan khawatir dengan kedikdayaan dari kekasihnya tersebut dalam mengendalikan kerajaan kejahatan di Kolombia dan penyelundupan obat terlarang ke Amerika. Terlebih saat Don Pablo mulai membunuh satu per satu orang-orang yang dianggap sebagai musuhnya. Akhirnya Presiden Kolombia Belisario Betancur bekerjasama dengan pihak Amerika untuk menangkap dan menghukum berat Pablo Escobar atas semua kejahatannya yang dibantu oleh Virginia Vallejo.

Film Loving Pablo yang dibintangi oleh Javier Bardem dan Penelope Cruz ini sebelumnya sempat di putar di festival film internasional, yaitu Venice International Film Festival dan Toronto International Film Festival pada 2017 lalu dan mendapatkan tanggapan positif dari kritikus film. Walau sebelum Loving Pablo, film serupa yang mengangkat sosok Pablo Escobar telah lebih dulu di produksi, seperti Blow (2001), Sins of My Father (2009) dan Escobar: Paradise Lost (2014).