BREAKINGNEWS.CO.ID – Pembalap Ducati Team, Jorge Lorenzo mulai menunjukan ancaman serius di seri kesembilan MotoGP 2018 Jerman. Di mana pembalap yang musim depan akan memperkuat Repsol Honda itu, menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas kedua, usai menorehkan waktu terbaiknya 1 menit 20, 885 detik. Sementara raihan buruk di peroleh Valentino Rossi. Pembalap Movistar Yamaha ini terjungkal di posisi ke-17 pada sesi kali ini.

Tampil begitu impresif bersama Desmosedici GP18 tunggangannya, Lorenzo berhasil mematakan waktu tercepat calon tandemnya di Repsol Honda, Marc Marquez yang bertengger cukup lama di puncak dengan raihan waktu terbaiknya 1 menit 23 detik dan kemudian diperbaikinya menjadi 1 menit 21,349 detik. Torehan waktu ini juga yang membuatnya harus puas menjadi pembalap tercepat kelima pada sesi latihan bebas kedua ini yang berlangsung di sirkuit Sachsenring, Oberlungwitz, Jumat (13/7/2018) WIB.

Sementara itu, pada posisi kedua, ditempati oleh pembalap Alma Ducati Pramsc, Danilo Petrucci. Pembalap asal Italia ini mencatatkan waktu terbaiknya dengan 1 menit 21, 142 detik. Ia mengungguli pembalap tercepat pada sesi latihan bebas pertama, Andrea Iannone. Pembalap Suzuki Ecstar ini hanya mampu menorehkan waktu terbaiknya 1 menit 21, 204 detik.

Sementara tandem Lorenzo, Andrea Dovizioso belum menunjukan perkembangan berarti pada dua sesi yang telah berlangsung ini. Ia harus kembali mengisi urutan keempat pembalap terepat untuk kedua kalinya usai membekukan waktu terbaiknya 1 menit 21, 309 detik.

Maverick Vinales harus puas menjadi pembalap tercepat keenam dibelakang Marquez. Tandem Rossi di Yamaha ini hanya mampu mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 21, 447 detik, diikuti Takaaki Nakagami yang kembali tampil sebagai rookie terbaik dan Jack Miller yang masing-masing menempati urutan ketujuh dan kedelapan. Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, memperbaiki hasil latihan bebas pertama dengan mengisi urutan kesembilan, pada sesi kedua ini, sekaligus mengalahkan Alvaro Bautista.

Raihan Hasil Buruk Rossi

Hasil mengecewakan dipetik Rossi. Sepanjang sesi, The Doctor tampak kurang meyakinkan. Berusaha meningkatkan catatan waktu, tetapi tidak membuahkan raihan maksimal. Alhasil, ia menutup latihan kedua lebih lambat 0,899 detik dan terancam gagal melaju ke Q2. Sedangkan pembalap tes Honda, Stefan Bradl, menempati posisi ke-21 dengan catatan waktu terbaik 1 menit 22,457 detik. Ia ditunjuk sebagai pengganti rookie Franco Morbidelli untuk sisa balapan di Sachsenring akhir pekan ini.