JAKARTA - Imbas dari erupsi Gunung Agung juga berdampak terhadap wisata olahraga. Salah satunya Lombok Marathon 2017, panitia akhirnya menunda pelaksanaan wisata olahraga tersebut, yang rencananya digelar pada Minggu (3/12/2017) ditangguhkan ke 28 Januari 2018.

"Jadi karena erupsi Gunung Agung, pelaksanaan Lombok Marathon 2017 terpaksa kita tunda," tutur Ketua Umum KONI NTB Andy Hadianto, Selasa (28/11/2017).

Erupsi Gunung Agung, kata dia, berimbas penutupan sejumlah bandara di Indonesia, termasuk Bandara Internasional Lombok, sehingga kondisi itu menghambat kedatangan para peserta lomba ke Lombok.

Sebelumnya, kunjungan wisatawan ke Bali, khususnya Kota Denpasar dipastikan terganggu dengan bencana letusan Gunung Agung, terlebih sejak Senin (27/11/2017) pagi, Bandara Internasional Ngurah Rai ditutup untuk sementara waktu.

"Gunung Agung sudah pasti berdampak terhadap sektor pariwisata di Bali," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, M. A Dezire Mulyani, Senin (27/11/2017).

Menurut Dezire, pembahasan dampak letusan juga akan dilakukan bersama Kementerian Pariwisata. Untuk langkah-langkah penanggulangan terkait kunjungan serta kepariwisataan akibat bencana Gunung Agung sebelumnya telah dilakukan Pemkot Denpasar yang saat itu terus melakukan evaluasi langkah ke depan.