BREAKINGNEWS.CO.ID - Dua puluh enam pemain asing yang akan berlaga di ajang Indonesian Basketball League (IBL) sudah menjalani tes medis pada Kamis (12/12/2019). Dari hasil tersebut, seluruh pemain asing dinyatakan lolos dan siap bersaing di kompetisi basket tertinggi di Tanah Air.

"Pemain asing yang sudah datang sebanyak 26 orang. Hanya ada satu pemain yang akan tiba di Tanah Air pada 24 Desember 2019 mendatang, yakni Jordin Mayes (pemain Prawira Bandung) yang masih akan memperkuat timnas Uganda," jelas Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah dalam acara IBL Expose 2019, Jumat (13/12), di FX Sudirman, Jakarta Selatan.

Junas menjelaskan, ke-26 pemain asing itu telah mengikuti tes medis dengan baik. Mereka lolos dalam aturan tinggi badan, kondisi fisik, serta psikologis. 

"Rata-rata tinggi badan pemain asing 192 cm, di mana pemain tertinggi adalah 199 cm. Jadi tidak ada pemain yang lebih dari 200 cm sebagaimana kita persyaratkan di musim ini," kata dia.

Junas menambahkan, banyak pemain asing yang baru pertama kali bermain di Indonesia. Menurut dia, ini menandakan Indonesia dipercaya dunia internasional. 

"Setelah acara ini akan kami serahkan langsung ke klub masing-masing. Tidak ada lagi acara IBL untuk para pemain asing ini hingga 10 Januari 2019 mendatang. Kami berikan kesempatan mereka untuk berlatih lebih lama dengan klubnya," ujar Junas.

Sebagian besar pemain asing yang baru pertama kali bermain di Indonesia merasa senang bisa tampil di IBL Pertamax 2020. Sedangkan untuk pemain yang sudah pernah bermain di IBL Pertamax musim sebelumnya, tidak hanya merindukan atmosfer kompetisi, mereka juga kangen dengan kuliner khas Indonesia.

Acara pengenalan pemain asing IBL tahun ini dikemas berbeda dengan musim sebelumnya. Acara digelar di salah satu studio cinema di Jakarta. Setelah semua pemain asing diperkenalkan di dalam studio. Pemain asing dipanggil berdasarkan klub mereka dan dikenalkan kepada awak media yang hadir.