BREAKINGNEWS.CO.ID - Tidak butuh waktu lama bagi Liverpool untuk kembali menempati puncak klasemen sementara Liga Inggris 2018. The Reds sukses menggeser Manchester City di posisi pertama setelah menumbangkan tetangga Citizens, Manchester United. Berlaga di Stadion Anfield, Minggu (16/12/2018), The Reds menang dengan skor 3-1.

Sadio Mane membuka keunggulan Liverpool pada menit ke-24, kemudian disamakan menjadi 1-1 melalui gol Jesse Lingard pada menit ke-34. Skor 1-1 sempat bertahan hingga babak pertama usai. Memasuki babak kedua, Jose Mourinho menarik keluar Diogo Dalot dan digantikan oleh Marouane Fellaini.

Pada awal babak kedua, permainan hampir sama seperti 45 menit awal pertandingan. Liverpool masih terus menguasai pertandingan, sementara Manchester United hanya mengandalkan serangan balik. Memasuki menit ke-70, Juergen Klopp mulai melakukan pergantian pemain. Naby Keita ditarik keluar digantikan Xherdan Shaqiri.

Keputusan Klopp memainkan Shaqiri tampaknya benar-benar jitu. Pemain cadangan itu berhasil mencetak gol memanfaatkan kemelut di depan gawang De Gea.

Gol berawal dari umpan silang mendatar Sadio Mane di sisi kanan pertahanan Man United yang sempat mengenai bek tim tamu tersebut dan bola berubah arah ke gawang De Gea. Spontan kiper asal Spanyol itu menepis bola dan terpental ke arah Shaqiri.

Ia langsung melepaskan tembakan yang sempat mengenai Ashley Young dan bola mengarah ke pojok kanan atas gawang Man United dan bersarang tanpa bisa dijangkau De Gea.

Shaqiri benar-benar menjadi mimpi buruk pertahanan Manchester United. Pada menit ke-80, Shaqiri mencetak gol keduanya pada laga itu sekaligus mengubah skor menjadi 3-1 untuk Liverpool yang bertahan hingga laga berakhir. Di puncak klasemen, Liverpool mengoleksi poin 45 dari 17pertandingan. Sementara itu, Manchester United tetap berada di urutan keenam dengan raihan 26 poin.