BREAKINGNEWS.CO.ID – Sebanyak 16 negara berhasil memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Bahkan beberapa negara harus memastikan itu di laga terakhir penyisihan grup. Tim besar seperti Jerman memberikan kejutan usai tak mampu lolos dari fase grup yang justru membuat beberapa tim yang tidak diunggulkan berhasil melaju dengan mulus, seperti Kroasia.

Di balik lolosnya negara-negara itu, ada penampilan apik yang ditunjukan oleh sejumlah pemain. Beberapa diantaranya adalah pemain-pemain yang tak diduga justru mampu bersinat di Rusia. Breakingnews.co.id merangkum beberapa pemain yang dianggap FIFA telah menunjukan performa apiknya di dalam fase grup Piala Dunia 2018. Hal ini dilihat berdasarkan gelar Man of the Match. Berikut ini adalah daftar pemain yang bersinar selama fase grup.

1.Philippe Coutinho (Brasil)

Brasil sebelumnya sempat diklaim akan mampu bersinar dengan adanya Neymar Jr. Namun kenyataannya, justru bintang Barcelona, Philippe Coutinho yang menjadi pemain paling menentukan bagi Brasil selama di fase grup Piala Dunia 2018.

Eks bintang Liverpool itu tercatat telah membukukan dua gol dari tiga laga di fase grup. Total total ia telah melepaskan 4 tembakan tepat sasaran, 3 tendangan melenceng, 200 operan, dua kali melakukan pelanggaran, dengan satu di antaranya berbuah kartu kuning.

2.Cristiano Ronaldo (Portugal)

Megabintang Real Madrid berusia 33 tahun tersebut menjadi sorotan kala melakoni laga pertama mereka di Grup B Piala Dunia 2018 kala berhadapan dengan Spanyol. Saat itu, Ronaldo sukses mencetak hattrick dan menyelamatkan Portugal dari kekalahan.

Hal itu pun membuatnya diganjar Man of The Match pada laga tersebut. Pada laga kedua di fase grup, Ronaldo kembali meneruskan penampilan apiknya setelah gol tunggalnya membawa Portugal menang atas Maroko. Namun sayang di laga terakhir ia tak mampu berbuat banyak.

Total Ronaldo telah tampil tiga kali sepanjang 270 menit bersama Portugal di Rusia. Ronaldo juga berhasil mencatatkan empat gol, tanpa assist, 7 tembakan tepat sasaran, tiga percobaan tak tepat sasaran, dan 74 operan.

Empat gol di Piala Dunia 2018 itu pun membuatnya sebagai pemain tersubur di Eropa dengan 85 gol. Catatan gol Ronaldo juga mengalahkan capaian legenda sepak bola Hungaria, Ferenc Puskas (84 gol), yang sudah bertahan selama 60 tahun terakhir.

3.Harry Kane (Inggris)

Kapten Timnas Inggris ini berhasil mencatatkan namanya di deretan teratas dalam perburuan gelar pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2018. Tampil di dua laga dengan membawa Inggris menang 2-1 Tunisia dan menang 6-1 atas Panama, pemain berusia 24 tahun itu berhasil mencetak 5 gol.

Kane sendiri telah tampil selama 153 menit di Piala Dunia kali ini. Selain berhasil mencetak lima gol, ia mencatatkan 5 percobaan tepat sasaran, sekaligus tak punya tembakan off target. Artinya, rasio gol terhadap tembakannya mencapai 100 persen. Namun, hingga saat ini ia belum mampu menciptakan assist, dan baru melakukan 23 operan. Selain itu, Ronaldo juga baru melakukan sekali pelanggaran tanpa berbuah kartu dan empat kali dilanggar.

4.Luka Modric (Kroasia)

Kapten Kroasia ini menjadi isnpirasi saat timnya berhasil menang 2-0 kontra Nigeria dan saat mempermalukan Lionel Messi cs dengan skor telak 3-0. Hasil itu pun membuat Modric diganjar dua kali pemain terbaik. 

Punggawa Real Madrid ini juga sudah mencatatkan namanya di papan skor sebanyak dua kali, yakni melalui penalti saat melawan Nigeria, dan sebuah gol tendangan jarak jauh spektakuler ke gawang Argentina. Meski begitu, Modric masih belum menciptakan assist dalam 245 menit bermainnya di Piala Dunia 2018. Modric juga tercatat sudah melakukan 143 operan, enam pelanggaran tanpa mendapat kartu, serta dua kali dilanggar.

5.Denis Cheryshev (Rusia)

Yang terakhir ini mungkin namanya yang asing bagi para pecinta sepakbola. Namun dengan permainan apiknya, ia pun menjadi salah satu pemain yang secara tak diduga berhasil bersinar di Piala Dunia 2018. Pada fase grup, ia mendapat dua gelar pemain terbaik berkat aksi-aksinya saat menaklukan Arab Saudi 5-0, dan menang atas Mesir 3-1. Selain itu, pemain Sporting Gijon ini juga telah mencetak 3 gol.

Sejauh ini, eks pemain Real Madrid Castilla itu sudah mencatatkan lima tembakan tepat sasaran, satu tendangan tak tepat sasaran, dan 38 operan. Pemain berusia 27 tahun juga sudah melakukan lima pelanggaran, tanpa memperoleh kartu.