BREAKINGNEWS.CO.ID - Ada lima nama kandidat Ketua Umum PSSI yang baru seiring dengan rencana Komite Executif (Exco) PSSI menggelar Kongres Luar Biasa. Keputusan bakal adanya KLB diputuskan pada hasil rapat daruruat anggota Exco di Kantor PSSI, Selasa (19/2). Rapat dilakukan tak lepas setelah ditetapkannya Ketum Joko Driyono sebagai tersangka oleh Tim Satgas Antimafia Bola

KLB yang akan digelar ini memiliki dua agenda, yakni membentuk perangkat Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP). Agenda kedua adalah penetapan tanggal kongres pemilihan kepengurusan baru. Dengan demikian, maka ada peluang besar untuk memilih ketum baru lebih cepet ketimbang yang seharusnya pada 2020.

Sejumlah nama pun muncul untuk bisa menjadi suksesor Edy di kursi panas PSSI-1. Setidaknya ada lima nama yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Umuh Muchtar, Khrisna Murti, Erick Thohir, hingga politikus Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Dua nama di atas pun diamini oleh salah satu anggota Exco yakni Refrizal. "Yang minat-minat kemarin kami tampung lah, seperti Erick Thohir, dan Krishna Murti. Pokoknya yang minat kami tampung biar yang berhak memilih. Pilihannya bisa memilih semua dari ketua umum wakil ketua umum dan seluruh Exco, bisa juga hanya memilih mengaku ketua umum yang kosong," ucap Refrizal saat dihubungi, Rabu (20/2/2019).

Di sisi lain, sejak Edy Rahmayadi mundur dari jabatan Ketua Umum PSSI pada Kongres PSSI di Bali beberapa waktu lalu, beberapa nama dimunculkan oleh netizen. Seperti, petisi online agar Erick menjadi ketua umum PSSI, lalu Muhaimin Iskandar yang mengungkapkan secara terang-terangan berminat ikut serta. Juga Basuki Tjahaja Purnama dan Mahfud MD.

"Pendekatannya nanti voter saja. Saya mengusulkan saja kadang kalau tidak ada pendekatan. Atau ada yang diusulkan Bapak Jokowi (Presiden RI) akan kami tampung. Misalnya Cak Imin (Muhaimin Iskandar) dia bersedia kan," kata Refrizal.