BREAKINGNEWS.CO.ID - Traveling bisa menjadi jalan keluar untuk menyegarkan pikiran dan ajang kabur sejenak dari segala rutinitas di kantor atau di sekolah. Traveling juga memberikan dampak yang sangat baik dari segi fisik dan psikologis. Jadi jangan sampai rencana liburan kamu gagal total hanya karena tidak ada orang yang mau ikut traveling dengan kamu. Solo traveling bisa menjadi solusinya. Karena solo traveling memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh dan mental kamu. Apa saja manfaat solo traveling? Simak penuturannya di sini

  1. Punya tanggung jawab penuh

Ketika travel sendirian, kamu harus bisa mengatur akomodasi, keuangan, dan lainnya sendiri. Jadi untuk masalah transportasi, kamu bisa langsung memutuskannya sendiri. Kamu bisa cek rute dan harga lengkap bus sugeng rahayu untuk dapatkan transportasi terbaik untuk pergi liburan sendiri

Kondisi saat solo traveling jauh berbeda dengan saat kamu berlibur bersama kelompok. Kamu akan saling menggantungkan satu sama lain, memang dengan berkelompok kamu merasa aman, tapi coba pikir lagi. Ketika terjadi suatu kesalahan mungkin tanpa kamu sadari sebenarnya saling menyalahkan.

  1. Bisa bertemu banyak orang baru

Berhentilah mengikuti prinsip “Jangan bicara pada orang asing”. Kamu adalah makhluk sosial dan harus berinteraksi dengan orang asing, terutama warga lokal. Ketika kamu traveling bersama kelompok kemungkinan besar yang terjadi adalah kita hanya berinteraksi kepada anggota kelompok. Semakin banyak berinteraksi dengan orang asing, kita akan semakin tahu dengan keadaan di sekitar.

  1. Lebih mengenal diri sendiri

Kalau kamu merasa kamu adalah individu yang mandiri, jangan senang dulu. Saat melakukan perjalanan sendirian kamu baru akan tahu apakah kamu benar-benar bisa mengandalkan dirimu sendiri atau tidak. Kamu juga akan tahu apakah kamu cukup berani untuk mengambil keputusan karena semuanya ada di tanganmu.

Nah, saat melakukan perjalanan seorang diri, kamu bisa lebih akrab dengan dirimu sendiri. Kamu jadi lebih bisa mendengar apa yang sebenarnya kamu inginkan dan rasakan. Mengenal diri sendiri adalah salah satu syarat wajib untuk dapat mencintai diri sendiri kan?

  1. Bebas menentukan segalanya

Kapan lagi kamu bisa menentukan itinerary perjalananmu tanpa perlu mempertimbangkan keinginan lebih dari dua kepala. Apapun yang ingin kamu lakukan, bisa kamu lakukan tanpa takut teman perjalananmu tidak suka. Kamu pun tidak perlu mengalah jika ternyata selera temanmu berbeda. Kamu bisa menentukan santap siang, destinasi, kemana kamu harus melangkah, semuanya!

Ketika terjadi hal-hal di luar dugaan seperti pesawat yang delay atau kamu salah ambil rute perjalanan, saatnya belajar untuk menikmati perjalanan tanpa mengeluh. Tidak ada teman perjalanan yang akan mendengarkan keluhanmu jadi segera simpan dan ubah hal-hal yang membuatmu kesal

  1. Menghemat biaya

Jangan lupa, saat solo traveling biasanya budget yang kamu keluarkan jauh lebih murah. Mengapa bisa? Karena kamu bisa bergabung dengan traveler lainnya di tempat tujuan untuk saling patungan kalau ingin hal-hal tertentu.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat melakukan solo traveling. Pada dasarnya liburan memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, mau dilakukan sendiri atau dalam kelompok. Jadi tunggu apalagi? Langsung pesan tiket transportasi dan hotel, datangi tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Tag