JAKARTA - Lima kawanan pelaku begal sadis yang kerap beraksi dan meresahkan warga di wilayah Pademangan, Jakarta Utara diringkus aparat Polsek Metro Pademangan. Satu dari mereka tewas ditembak karena berusaha melawan saat ditangkap. Dalam aksinya pelaku memepet dan melukai korbannya, lalu menjarah milik korbannya dengan sadis.

Empat pelaku yang ditangkap adalah MR (22), TB (19), MT, (18) dan FMI (16). Mereka ditangkap di daerah Pasar Jangkrik, Pisangan Baru, Matraman, Jakarta Timur, Minggu (14/1/2018). Satu pelaku lainnya, IPP (21), ditangkap di lokasi yang sama dua minggu kemudian.

"Para pelaku menggunakan modus memepet korban yang sedang mengendarai sepeda motor. Mereka juga mengancam dan melukai korbannya demi memperoleh motor,” kata Kapolsek Metro Pademangan Kompol Sri Suhartatik, Selasa (30/1/2018).

Setiap kali mengincar calon korbannya, para tersangka melakukannya secara acak. Hanya, mereka lebih banyak menjadikan perempuan sebagai sasaran utama. Mereka juga berbagi peran satu sama lain saat menjalankan aksinya.

“Para pelaku bukan komplotan, mereka saling kenal di lapangan. Mereka sudah enam bulan beraksi, di mana tiga kali dilakukan di Pademangan. Mereka melakukan aksinya pada malam hari,” tutur Sri.

Kapolsek menambahkan, salah satu pelaku yang ditangkap, yakni MR, tewas ditembak setelah berusaha melawan. Ada pun satu pelaku lainnya, FMI, dititipkan di Panti Anak Cipayung karena masih di bawah umur. Para pelaku dijerat pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan.