BREAKINGNEWS.CO.ID - Kamu yang sangat menyukai kartun animasi, pasti tahu yang namanya Studio Ghibli. Rumah produksi animasi asal Jepang yang didirikan oleh Hayao Miyazaki ini melahirkan film-film seperti My Neighbor Totoro, Princess Mononoke, Spirited Away, dan Ponyo. Kartun animasi yang legendaris ini memiliki fans di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Walaupun berasal dari Jepang, inspirasi-inspirasi dari film ini tidak hanya berada dari Jepang saja. Beberapa tempat yang menjadi inspirasi terletak di berbagai penjuru dunia, seperti Australia, Jepang, Taiwan, dan Swedia. Yuk, lihat tempat mana saja yang menjadi inspirasi Miyazaki.

  1. Taman Paronella, Australia – Castle in The Sky

Kamu yang menonton film Castle in The Sky pasti ingat dengan pemandangan kastil-kastilnya. Kastil-kastil tersebut terinspirasi dari bangunan yang ada di Taman Paronella, Queensland, Australia. Bangunan itu didirikan oleh seorang imigran asal Spanyol, Jose Paronella. Jose mendirikan bangunan tersebut dengan niat agar bisa pulang ke Spanyol dan menikahi kekasihnya, Matilda. Saat ini, taman Paronella terkenal untuk digunakan sebagai tempat pernikahan.

  1. Jiufen, Taiwan – Spirited Away

Bisa dibilang, film karya Hayao Miyazaki yang paling sukses dan terkenal adalah Spirited Away. Film ini bercerita tentang seorang anak perempuan, Chihiro, yang terperangkap dalam dunia roh halus. Spirited Away berhasil mendapatkan Piala Oscar tahun 2003 dalam kategori film animasi terbaik. Inspirasi dunia roh halus dari film tersebut adalah Jiufen, Taipei, Taiwan. Sampai saat ini banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Jika kamu ingin berkunjung malam hari, perlu hati-hati karena tempat ini sangat penuh.

  1. Hotel Kamikochi, Jepang – The Wind Rises

Banyak kabar simpang siur mengenai lokasi tempat inspirasi dari film terakhir Miyazaki ini. Namun, beberapa fans percaya bahwa Hotel Kamikochi yang terletak di Nagona ini adalah tempat di mana karakter Jiro jatuh cinta kepada Naoko. Hingga saat ini, hotel yang didirikan pada tahun 1933 ini masih menerima tamu. Namun, kamu yang ingin datang pada musim gugur disarankan untuk booking terlebih dahulu karena tempat ini sering penuh.

  1. Visby, Swedia – Kiki’s Delivery Service

Visby menjadi tempat inspirasi utama Desa Koriko dan rumah Kiki. Beberapa bangunan yang berada di Desa Koriko dibangun persis seperti bangunan-bangunan yang ada di Gamla Stan, Stockholm. Hayao Miyazaki mendapatkan inspirasi dari film Kiki’s Delivery Service ketika mengunjungi Swedia di tahun 1970-an. Di antara tempat-tempat Skandinavia lainnya, Visby terpilih sebagai tempat yang paling terpelihara dari 15 situs warisan dunia di Swedia.

  1. Yakushima, Jepang – Princess Mononoke

Dibandingkan dengan film Hayao Miyazaki yang lain, film Princess Mononoke adalah satu-satu dalam list ini yang baru bisa kamu tonton ketika saat beranjak dewasa. Desa Emishi atau desa yang diserang oleh iblis-iblis babi dalam film tersebut adalah Pulau Yakushima. Dalam pembuatan film Princess Mononoke, Hayao Miyazaki sempat berkali-kali datang ke tempat ini untuk mencari inspirasi. Tempat ini juga menjadi situs warisan dunia pertama miliki Jepang. Jika kamu ingin berkunjung ke sini, pastikan kamu menggunakan sepatu gunung dan jaket. Buat perjalanan ke Jepang, kamu juga bisa beli tiket delta airlines di Traveloka.

Bagi para fans Studio Ghibli, kamu bisa memilih tempat yang paling ingin kamu kunjungi saat liburan. Pastikan saja kamu sudah memilih jadwal perjalanan terbaik untuk melihat secara langsung tempat-tempat yang biasanya hanya kamu lihat versi animasinya.