BREAKINGNEWS.CO.ID – Klub raksasa Spanyol, Barcelona berhasil lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim 2018/2019 sebagai juara Grup B. saat ini, klub asuhan pelatih Ernesto Valverde, tersebut tinggal menunggu calon lawan yang dihadapi pada fase knock-out.

Tim berjuluk Los Cules tampil apik di Liga Champions musim 2018-2019. Mereka berhasil mengumpulkan 14 poin, hasil dari empat kemenangan dan dua hasil imbang dari enam pertandingan di Grup B. Pada laga terakhir fase grup, mereka bermain imbang dengan skor 1-1 kontra Tottenham Hotspur di Camp Nou, 11 Desember 2018. Barca mampu unggul lebih dulu berkat gol Ousmane Dembele pada menit ketujuh, akan tetapi Tottenham berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-85 lewat aksi Lucas Moura.

Hasil tersebut membuat Barcelona lolos ke fase knock-out untuk ke-12 kalinya secara beruntun sebagai juara grup. Akan tetapi, dari 12 kesempatan lolos ke-16 besar sebagai juara grup, Los Cules hanya tiga kali meraih trofi juara Liga Champions, yakni musim 2008-2009, 2010-2011, dan 2014-2015. Barcelona pun saat ini tinggal menunggu siapa calon lawan yang akan dihadapi pada babak 16 besar. Rencananya, pengundian fase 16 besar akan berlangsung di markas besar UEFA, di Nyon, Swiss pada 17 Desember 2018 mendatang.

Sementara itu, untuk pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions akan berlangsung pada 12, 13, 19, dan 20 Februari 2019, sedangkan leg kedua pada 5, 6, 12, dan 13 Maret 2019 mendatang. Berikut ini adalah enam calon lawan yang berpeluang dihadapi Barcelona pada 16 besar Liga Champions:

Ajax Amsterdam

Klub elite asal Belanda ini berhasil menembus babak 16 besar Liga Champions sebagai runner-up Grup E. Mereka mengumpulkan 12 poin dari enam pertandingan yang sudah dijalani. Ajax hanya tertinggal dua angka dari Bayern Munchen yang menempati posisi teratas. Klub berjuluk de Godenzonen itu pun berpeluang menghadapi Barcelona pada 16 besar Liga Champions. Sejauh ini, Ajax telah empat kali menghadapi Barca. Mereka hanya mampu meraih satu kemenangan dan menelan tiga kekalahan.

Olympique Lyon

Lyon menjadi klub kedua asal Prancis yang melenggang ke-16 besar Liga Champions, setelah Paris Saint-Germain. Akan tetapi beda dengan PSG, Lyon menembus fase knock-out sebagai peringkat kedua Grup F. Mereka mengoleksi delapan poin, hasil dari satu kemenangan dan lima hasil imbang. Lyon tertinggal lima poin dari Manchester City yang menempati posisi teratas. Pada fase 16 besar, Olympique Lyon berpeluang bertemu dengan Barcelona. Sejauh ini, mereka sudah enam kali menghadapi Blaugrana, dengan rincian empat kekalahan dan dua hasil imbang.

Schalke 04

Klub asal Jerman ini menempati Grup D di Liga Champions musim ini, bersama FC Porto, Galatasaray, dan Lokomotiv Moscow. Mereka pun berhasil menembus 16 besar Liga Champions dengan status posisi kedua Grup D, dengan mengoleksi 11 poin. Berada di urutan kedua, Schalke 04 berpeluang menghadapi Barcelona. Die Knappen telah dua kali menghadapi Barca. Dari dua laga itu, Schalke selalu menelan kekalahan.

AS Roma

Roma mendampingi Juventus sebagai klub Italia yang menembus ke-16 besar. I Giallorossi mengamankan tiket ke babak selanjutnya dengan status peringkat kedua Grup G, dengan nilai sembilan. Raihan angka sembilan itu didapatkan AS Roma berkat kemenangan atas Viktoria Plzen (5-0), dan CSKA Moscow (3-0 serta 2-1). Mereka terpaut tiga angka dari Real Madrid yang lolos sebagai juara grup. Pada fase 16 besar, calon lawan berat telah menanti tim Serigala Ibukota, yakni Barcelona. AS Roma sudah enam kali menghadapi Blaugrana. Dari enam pertandingan itu, mereka meraih dua kemenangan, dua hasil imbang, dan kalah dalam dua laga.

Liverpool

The Reds harus berjuang keras untuk bisa lolos ke-16 besar Liga Champions. Sebab, mereka harus berjuang hingga laga terakhir untuk bisa memastikan diri melenggang ke fase knock-out. Kemenangan 1-0 atas Napoli pada 11 Desember 2018 membuat Liverpool berhasil menembus ke babak 16 besar Liga Champions sebagai runner-up Grup C. Skuat Si Merah mendulang sembilan poin dari enam laga, tertinggal dua angka dari Paris Saint-Germain di urutan teratas. Berstatus sebagai peringkat kedua Grup C membuat Liverpool memiliki kans untuk menghadapi Barcelona. Sejauh ini, mereka memiliki catatan apik kontra El Barca. Dari delapan pertemuan terakhir, The Reds meraih tiga kemenangan, tiga hasil imbang, dan hanya dua kali kalah.

Manchester United

Manchester United tampil kurang meyakinkan di Liga Champions musim ini. Klub asuhan Jose Mourinho tersebut hanya meraih tiga kemenangan, sekali imbang, dan menelan dua kekalahan dari enam pertandingan. Alhasil, mereka lolos ke-16 besar sebagai peringkat kedua Grup H. The Red Devils mengoleksi 10 poin, tertinggal dua angka dari Juventus yang melenggang ke babak selanjutnya sebagai juara grup. Pada fase 16 besar, MU memiliki kans untuk menghadapi Barcelona. Sejauh ini, mereka telah 11 kali bentrok dengan El Barca. Dari 11 pertemuan itu, Manchester United hanya meraih tiga kemenangan, empat hasil imbang, dan menelan empat kekalahan.