BREAKINGNEWS.CO.ID - Liga profesional level teratas dalam liga sepak bola di Indonesia, Liga 1 2018 akan memasuki pekan pamungkas. Dua tim akan bersaing untuk memperebutkan gelar juara, Persija Jakarta atau PSM Makassar. Pekan terakhir Liga 1 2018 akan diselenggarakan sejak Jumat (7/12/2018) hingga Minggu (9/12) mendatang. Sebanyak 18 tim akan bertanding terakhir kalinya untuk musim ini. Hanya ada dua tim saja yang masih berpeluang menggapai trofi. Persija Jakarta dan PSM Makassar. Keduanya hanya berselisih satu angka di klasemen sementara Liga 1 2018.

Persija saat ini berada di peringkat pertama dengan perolehan 59 poin, unggul satu angka dari PSM di tempat kedua. Macan Kemayoran berbalik menguasai klasemen usai menang di pekan ke-33, sementara PSM justru tersandung. Selanjutnya di pekan ke-34, Persija akan menghadapi Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), sementara PSM akan menjamu PSMS Medan di Stadion Andi Mattalatta. Situasi keduanya sedikit berbeda.

Menghadapi Mitra Kukar, Persija dituntut harus menang jika ingin mengangkat trofi. Akan tetapi keberhasilan menyalip PSM di pekan ke-33 membuat Marko Simic dan kawan-kawan saat ini berada di atas angin. Karena, PSM yang saat ini mempunyai syarat untuk mengangkat trofi. Tim asuhan pelatih Robert Rene Albert diharuskan menang atas PSMS, dan berharap Persija tergelincir atau kalah. Jika sang rival menang, maka gelar tetap akan dibawa ke Jakarta.

Di pertandingan lain, Persib Bandung dan Bhayangkara FC akan bersaing untuk memperebutkan posisi ketiga. Posisi itu menjadi slot terakhir keikutsertaan klub Indonesia di turnamen AFC. Persib saat ini berada di peringkat tiga dengan perolehan 51 poin, sementara Bhayangkara di tempat keempat dengan perolehan 50 poin. Persib akan menghadapi Barito Putera di pekan terakhir, sementara Bhayangkara ditantang Bali United. Apabila Persib hanya perlu menang untuk mengamankan posisinya dan berlaga di Piala AFC musim depan, Bhayangkara harus berharap sang rival terpeleset, dengan juga harus menang tentunya.

Laga penentuan juga terjadi di posisi bawah. Lima tim masih terancam terdepak dari Liga 1 musim depan yakni Sriwijaya FC, Mitra Kukar, Perseru Serui, PSMS Medan, dan PS Tira. Sriwijaya mendapat rintangan jika ingin bertahan, yakni mengalahkan Arema FC di pekan terakhir. Adapun PSMS Medan dan PS Tira akan saling baku hantam menyelamatkan nyawanya. Sementara Perseru akan melakoni derby wilayah timur menghadapi Persipura, dan terakhir PS Tira akan menghadapi Borneo untuk menentukan nasibnya.